Sean Gelael Menempa Diri Di Lintasan Favorit Lance Armstrong

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Minggu, 22 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Pebalap Indonesia, Sean Gelael, menjajal tempat latihan favorit pebalap sepeda terkenal dunia, Lance Armstrong, sebagai bagian persiapannya menuju balapan 24 Hours of Le Mans.

Sean Gelael menempa diri di lintasan menanjak bernama Col de la Madone tersebut dalam rangka persiapan menuju 24 Hours of Le Mans yang akan bergulir pada 11-12 Juni 2022.

Rute lintasan ini membentang dari Cote d’Azur di selatan Prancis sampai area perbatasan dengan Italia, Menton.

Panjang rute tersebut hampir 15 km dengan elevasi mencapai 920 meter!

Saking terkenalnya tempat ini, pabrikan sepeda ternama, TREK, menjadikan salah satu modelnya dengan nama TREK MADONE.

Legenda balap sepeda asal Amerika Serikat, Lance Armstrong, menjajal lintasan ini setiap kali ingin tampil maksimal di Tour de France (TdF).

Ia berhasil menjadi juara Tdf tujuh kali tanpa putus dari 1999 walau semua gelarnya kemudian dihapus gegara kasus doping.

Sean Gelael tak sendirian dalam mencoba jalur legendaris tersebut pada Jumat (20/5/2022).

Pebalap kelahiran 1 November 1996 tersebut ditemani pebalap Formula E asal Italia, Antonio “Anto” Giovinazzi, dan mantan pemenang 24 Hours of Le Mans asal Amerika, Gustavo Menezes.

Giovinazzi, yang melakukan 62 start di Formula 1 bersama Sauber dan Alfa Romeo pada 2017 dan 2019-2021, melahap lintasan tersebut sebelum ia berangkat menuju Jakarta untuk mengikuti Formula E pada Juni nanti.

“Rutenya sih edan ya. Tapi, asyik banget buat latihan fisik sekaligus nyobain tempat terkenal itu,” ujar Sean, dilansir dari Kompas.com (21/05/2022).

Sean, Anto, dan Menezes kemudian singgah ke San Remo, salah satu lokasi yang sedang dipakai untuk ajang balap sepeda bergengsi, Giro d’Italia. Mereka diundang tim balap sepeda Astana Qazaqstan Team.

Sebelum di Madone, Sean juga menggenjot kebugarannya di Como, Italia. Dia ditemani Pierre Gasly yang akhir pekan ini berpartisipasi di balapan Formula 1 Spanyol bersama tim Alpha Tauri.

Tahun lalu, sebelum tampil untuk kali pertama di 24 Hours of Le Mans, Sean Gelael bersama teman-temannya menempa diri di Ibiza, Spanyol.

Waktu itu dia ditemani Tom Blomqvist, Stoffel Vandoorne, Norman Nato, dan Gasly.

Hasil tempaan di Ibiza itu membuahkan hasil sebagai runner-up kelas LMP2 bersama tim JOTA #28. Tentu dengan gemblengan serupa hasil yang diraih Sean tahun ini diharapkan lebih baik lagi bersama WRT #31.

Sang ayah, Ricardo Gelael, bersyukur Sean bisa berlatih fisik pada level tinggi bersama pebalap-pebalap top.

“Tahun lalu terbukti training camp yang Sean lakukan memberikan efek besar di Le Mans,” ujar mantan juara reli nasional ini. “Saya berharap dengan variasi yang ia lakukan tahun ini hasilnya akan sama bagus atau bahkan lebih baik lagi. Dia memang serius menggenjot fisiknya,” ujarnya.

Race 24 Hours of Le Mans 2022 disiarkan langsung via youtube channel KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com pada 11 Juni, start pukul 21.00 WIB.

Sean Gelael dan tim WRT tengah memimpin klasemen FIA Endurance Trophy untuk kelas LMP2 dengan raihan 52 poin berkat torehan runners up pada balapan pertama di Sebring (Amerika Serikat) dan menjadi pemenang di Spa-Francorchamps (Belgia). (Uli)