SEA Games 2021, Indonesia Tambah Tiga Medali Dari Wushu

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 14 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Koleksi medali Indonesia di SEA Games 2021 bertambah menyusul keberhasilan sejumlah atlet wushu saat bertanding di final nomor Taolu, Jumat (13/5/2022).

Wushu mempersembahkan tiga medali yang terdiri dari dua perak dan satu perunggu. Medali perak diraih oleh Nandhira Mauriskha dan Eugenia Diva Widodo, dilansir dari Kompas.com (13/05/2022).

Bertanding di Ciay Giay Gymnasium, Nandhira yang turun di kategori Women’s Taolu Jian Shu membawa pulang perak setelah mencatatkan nilai 9,67. Nandhira berada di antara dua atlet Vietnam, yakni Thuy Vi Duong yang meraih emas dan Tieu Binh Dang yang mendapatkan perunggu.

Sementara itu, Eugenia Diva Widodo menorehkan skor 9,70 dalam kategori Women’s Taolu Daoshu + Gunshu.  Dia hanya kalah tipis dari wakil Vietnam Thi Phuong Giang Hoang yang berhak atas medali emas usai mencatatkan nilai 9,71.

Adapun satu medali perunggu dari cabang olahraga (cabor) wushu kategori Men’s Taolu Changquan menjadi milik Seraf Naro Siregar yang mendapatkan nilai 9,69.  Indonesia sejatinya memiliki dua wakil di nomor Men’s Taolu Changquan.

Namun, Edgar Xavier Marvelo tak berhasil meraih medali usai finis ketujuh dengan catatan nilai 9,46.  Tak hanya wushu, Indonesia juga panen medali dari cabor rowing atau dayung yang hari ini mempersembahkan total empat medali dengan rincian dua emas dan dua perak.

Dua medali emas didapat melalui Ali Buton, Denri M Al Ghiffari, Ferdiansyah, dan Mahendra Yanto yang tampil di nomor Men’s Lightweight Coxless Four.

Adapun satu emas lainnya diraih Ali Mardiansyah, Ardi Isadi, Ihram, dan Kakan Kusmana yang bertanding di nomor Men’s Lighweight Quadruple Sculls.

Sementara itu, dua medali perak menjadi milik Anggi Widiarti, Melani Putri, Mutiara Rahma Putri, dan Nurtang (Women’s Lightweight Quadruple Sculls) dan Julianti/Chelsea Corputty yang tampil di nomor Women’s Pair.

Total, Indonesia hari ini menambah tujuh medali yaitu dua emas, empat perak, dan satu perunggu.

Secara keseluruhan hingga Jumat (13/5/2022) siang WIB, kontingen Indonesia telah mengoleksi 15 medali (5 emas, 8 perak, 2 perunggu). (Uli)