SDN Polisi 1 Bogor Budayakan Sikat Gigi Bersama

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 25 Oktober 2015
Bogor | Uploader Arif
loading...

Indolinear.com –┬áRatusan peserta didik SDN Polisi 1 melakukan sikat gigi massal dalam rangka menyehatkan gigi dan mulut bersama delapan dokter dari Surabaya dan Malang Jumat (23/10/2015).

Wakasek Bidang Kesiswaan sekaligus Koordinator dokter cilik (dokcil) Jaenal Abidin mengatakan, kegiatan ini bekerja sama dengan delapan dokter dan juga puskesmas, salah satunya Puskesmas Gang Aut.

“Kami itu sekolah yang berada di bawah binaan Puskesmas Gang Aut. Makanya, awalnya mereka mendapat rekomendasi ke sana, dan akhirnya ke sekolah untuk mengadakan seperti studi banding,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Ia mengatakan, sosialisasi pun berkaitan dengan bagaimana cara mengosok gigi yang benar. Begitu pula waktu tepatnya. Jaenal mengatakan, masalah terkait makanan atau jajanan anak sekarang ini memang kurang baik dan merusak gigi.

“Permen, cokelat, beda dengan orang dulu. Makanya sekarang gigi anak memang banyak yang bolong atau bermasalah, sehingga anak perlu sekali informasi bagaimana merawat giginya, salah satunya dengan cara dan waktu yang tepat,” tambah Jaenal.

Sebanyak 50 dokcil perwakilan dari kelas 5 A hingga E yang berperan sebagai peraga cara yang tepat kepada 150 temannya.

“Sebelumnya memang mereka (dokcil, red) sudah diberitahu bagaimana cara yang tepat, misalnya menggosok delapan kali berulang. Makanya, merekalah yang berperan sebagai contoh buat teman-temannya,” katanya.

Sebenarnya, menurut Kepala SDN Polisi 1 Hidayat, kegiatan gosok gigi massal bukan yang perdana di sekolah. SDN Polisi 1 pun sebelumnya sudah mengadakan program yang sama di semua kelas sebulan sekali dalam jam pelajaran olahraga, dilansiri dari pojoksatu.id.