Satgas Sebut Mulai Terlihat Tanda-tanda Pandemi Covid-19 Global Akan Berakhir

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 8 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Satgas Penanganan Covid-19 optimis akhir pandemi Covid-19 di dunia mulai terlihat.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan hal tersebut ditandai dengan tercapainya herd immunity alias kekebalan kelompok di sejumlah negara.

“Finisnya mulai kelihatan. Kita lihat beberapa negara di dunia sudah mencapai herd immunity,” ujar Sonny dalam webinar ‘PPKM Darurat, Indonesia Selamat’, dilansir dari Tribunnews.com (07/07/2021).

Sonny mengatakan, jika sudah banyak negara mencapai herd immunity maka hanya sejumlah negara yang masih terjadi kasus Covid-19.

Sehingga, level pandemi Covid-19 dapat menurun menjadi endemi.

“Nah, kalau ternyata negara di dunia sudah bisa menurunkan level penularannya, positivity rate-nya di bawah 1 persen. Kita bisa menurunkan statusnya menjadi endemi,” jelas Sonny.

Setelah menjadi endemi, Sonny mengatakan penularan Covid-19 akan seperti penyakit demam berdarah (DB) maupun malaria, yang kadang-kadang muncul di wilayah tertentu.

“Malaria, masih ada enggak? Masih ada. Tapi munculnya kadang-kadang dan di daerah tertentu,” ulas Sonny.

Meski begitu, Sonny mengatakan hal tersebut hanya dapat tercapai ketika seluruh masyarakat dunia mengikuti vaksinasi, menjalankan protokol kesehatan, serta 3M dan 3T.

“Jadi kalau kita punya fighting spirit, lari ya sampai finis dan seluruh dunia melakukan hal yang sama mendukung program vaksinasi dan patuh protokol kesehatan, melaksanakan 3T sebaik-baiknya,” beber Sonny.

Update Vaksinasi

Sejak program vaksinasi Covid-19 dimulai pada 13 Januari 2021, pemerintah sudah menyuntikkan dosis pertama kepada 34.039.797 (83,00%) penduduk hingga Rabu (7/7/2021).

Sedangkan dosis kedua sudah diberikan kepada 14.443.813 (35,58%) orang.

Rencana sasaran vaksinasi Covid-19 di Indonesia adalah 181.554.465 penduduk yang berumur di atas 18 tahun.

Hal ini untuk mencapai tujuan timbulnya kekebalan kelompok (herd immunity).

Karena ketersediaan jumlah vaksin Covid-19 bertahap, maka dilakukan penahapan sasaran vaksinasi.

Untuk tahap pertama, vaksinasi Covid-19 dilakukan terhadap Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK).

Yang meliputi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan sampai saat ini, jumlah SDM Kesehatan yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 adalah 1.468.764 orang, sedangkan populasi vaksinasi sebanyak 12.552.001 orang. (Uli)