Satelit Kecil Milik Space X Hampir Menabrak Stasiun Luar Angkasa Tiongkok

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 17 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – Satelit kecil milik Space X dikabarkan nyaris menabrak stasiun luar angkasa milik Tiongkok. Dilansir dari Merdeka.com (16/01/2022), kejadian serupa sudah terjadi dua kali pada Juli dan Oktober.

Demi keselamatan, stasiun luar angkasa milik Tiongkok terpaksa mengambil tindakan menghindar.

“Ini untuk alasan keamanan,” kata juru bicara dari Tiongkok.

Alhasil, mereka melaporkan ke Persyarikatan Bangsa-bangsa (PBB). Kepada PBB, Tiongkok melaporkan bahwa satelit kecil besutan perusahaan Elon Musk itu melayang sangat dekat dengan stasiun luar angkasa mereka.

Potensi membahayakan bisa terjadi pada kehidupan dan kesehatan astrounot di dalam stasiun luar angkasanya.

Tiongkok pun meminta PBB mengingatkan negara-negara yang telah menandatangani perjanjian internasional bernama Outer Space Treaty, termasuk Amerika Serikat.

Negara-negara ini diingatkan bahwa mereka “memikul tanggung jawab internasional untuk kegiatan nasional di luar angkasa … apakah kegiatan tersebut dilakukan oleh lembaga pemerintah atau non-entitas pemerintah.”

Satelit kecil yang terlibat dalam dugaan insiden ini merupakan bagian dari hampir dua ribu satelit, yang diluncurkan divisi layanan SpaceX yaitu Starlink.

Layanan ini mengirimkan internet ke pelanggan di wilayah terbatas, yang memiliki sedikit akses ke penyedia layanan internet biasa. (Uli)