Satchel Paige Dinominasikan Untuk Baseball Hall of Fame

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 10 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada tanggal 9 Februari 1971, pitcher (pelempar bola ke arah pemukul) Leroy “Satchel” Paige menjadi veteran Liga Negro pertama yang dinominasikan untuk Baseball Hall of Fame.

Pada bulan Agustus tahun itu, Paige, seorang legenda pitching yang terkenal dengan fastball, yang memiliki kemampuan memainkan pertandingan dan memiliki pengalaman karir bermain selama lima dekade akhirnya dilantik.

Dikutip dari Liputan6.com (08/03/2021), Joe DiMaggio pernah menyebut Paige sebagai “pelempar terbaik dan tercepat yang pernah saya hadapi”.

Mengenal Satchel Paige

Paige lahir di Mobile, Alabama pada tanggal 7 Juli 1906, meskipun tanggal pastinya masih menjadi misteri.

Ketika Paige mulai bermain bisbol secara profesional pada 1920-an, dia menghabiskan sebagian besar karirnya dengan melempar bola untuk tim Liga Negro di seluruh Amerika Serikat.

Selama musim dingin, dia bergabung dengan tim di Karibia dan Amerika Tengah dan Selatan.

Sebagai pemain barnstorming yang melakukan perjalanan ribuan mil setiap musim dan bermain untuk tim mana pun yang memenuhi harga yang diminta, dia memasang sekitar 2.500 pertandingan, memiliki 300 shut-out dan 55 no-hitter.

Dalam satu bulan di tahun 1935, dia dilaporkan melakukan 29 pertandingan berturut-turut.

Perjalanan Karir

Pada tahun 1947, Jackie Robinson menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang bermain di Liga Utama saat ia bergabung dengan Brooklyn Dodgers.

Tahun berikutnya, Paige juga masuk jurusan Liga Utama dan menandatangani kontrak dengan Cleveland Indians dan menjadi rookie baseball tertua yaitu pada usia 42 tahun.

Dia juga membantu orang India memenangkan panji tahun itu dan kemudian bermain untuk St. Louis Browns dan Kansas City A.

Paige pensiun dari jurusan tersebut pada tahun 1953, tetapi kembali pada tahun 1965 untuk melempar tiga inning untuk Kansas City A.

Dia berusia 59 saat itu, menjadikannya orang tertua yang pernah bermain di Liga Utama.

Selain terkenal dengan bakat dan umur panjangnya, Paige juga terkenal dengan selera humor dan pengamatannya yang penuh warna tentang kehidupan, termasuk: “Jangan melihat ke belakang. Sesuatu mungkin sedang mengejarmu” dan “Usia adalah pertanyaan tentang pikiran atas materi. Jika Anda tidak keberatan, itu tidak masalah.”

Dia meninggal 8 Juni 1982, di Kansas City, Missouri. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: