Sassuolo, Tim Medioker Yang Menjadi Pilar Penting Timnas Italia

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 25 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sassuolo kembali menunjukkan bahwa mereka adalah pilar penting bagi timnas Italia.

I Neroverdi menjadi salah satu tim dengan jumlah pemain terbanyak di skuad Gli Azzurri untuk Kualifikasi Piala Dunia. Sassuolo bukanlah klub papan atas kompetisi level tertinggi Liga Italia, Serie A.

Hingga kini, tim yang bermarkas di Mapei Stadium itu masih menyandang status sebagai klub medioker yang lebih sering berkutat di papan tengah. Sejak promosi ke Serie A pada musim 2013-2014, pencapaian terbaik I Neroverdi adalah menduduki peringkat ke-6 pada musim 2015-2016.

Pada musim pertamanya kembali ke Serie A, Sassuolo bahkan nyaris kembali terdegradasi ke Serie B karena finis di posisi ke-17. Baca juga: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Penentuan Nasib Italia, dilansir dari Kompas.com (24/11/2021).

Kontribusi penting bagi timnas Italia

Meski statusnya adalah tim medioker, Sassuolo tidak bisa dipandang sebelah mata

Ketika negara memanggil, klub yang berdiri pada 1920 itu menjadi salah satu kontributor pemain terbanyak bagi skuad timnas Italia. Bukti teraktual adalah komposisi skuad Gli Azzurri untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Irlandia Utara.

Dari 26 pemain yang dipanggil pelatih Roberto Mancini untuk pertandingan melawan Irlandia Utara pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, empat di antaranya berasal dari Sassuolo.

Keempat pemain Sassuolo yang dipanggil timnas Italia untuk lanjutan Kualifikasi Piala Dunia adalah bek Gian Marco Ferrari dan tiga penyerang yakni Domenico Berardi, Giacomo Raspadori, serta Gianluca Scamacca.

Sassuolo menjadi penyumbang pemain terbanyak Gli Azzurri bersama Juventus yang juga mengirimkan empat bintangnya.

Kontribusi penting I Neroverdi bagi timnas Italia tidak hanya terjadi kali ini saja.

Sassuolo adalah bagian penting di balik kesuksesan Gli Azzurri meraih gelar Euro 2020.

Pada turnamen tersebut, tiga pemain I Neroverdi masuk skuad timnas Italia yaitu Manuel Locatelli, Domenico Berardi, dan Giacomo Raspadori.

Manuel Locatelli yang kini bermain untuk Juventus menjadi salah satu pemain kunci Gli Azzurri saat menjadi juara Euro 2020. Ia bermain pada lima pertandingan dan sukses mencetak satu gol.

Locatelli yang tampil bagus bersama Juventus musim ini juga menghuni skuad Italia untuk pertandingan melawan Irlandia Utara.

Adapun, laga Irlandia vs Italia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal digelar di Stadion Windsor Park, Belfast, pada Selasa (16/11/2021) dini hari WIB.

Gli Azzurri saat ini berada di puncak klasemen Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa Grup C dengan nilai 15 dari tujuh pertandingan.

Italia wajib membawa pulang tiga poin dari lawatan ke Irlandia Utara. Sebab, posisi mereka rawan digusur Swiss yang menempati peringkat kedua juga dengan nilai 15. (Uli)