Sajid Javid Menggantikan Matt Hancock Sebagai Menteri Kesehatan Inggris

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 29 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Inggris – Mantan Menteri Dalam Negeri Inggris (2018-2019) dan Menteri Keuangan Inggris (2019-2020), Sajid Javid ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan Inggris pada Juni 2021.

Melansir dari Tribunnews.com (28/06/2021), Downing Street mengumumkan, Sajid Javid menggantikan posisi Matt Hancock yang belakang tersandung skandal.

Sebelumnya, beredar rekaman video yang menunjukkan Hancock mencium ajudan kantor Kementerian Kesehatan.

Hal ini dinilai sebagai pelanggaran aturan pembatasan jarak sosial untuk mengekang penyebaran virus corona.

Sebuah pernyataan dari No10 yang dirilis mengatakan: “Ratu dengan senang hati menyetujui penunjukan Rt Hon Sajid Javid MP sebagai Sekretaris Negara untuk Perawatan Kesehatan dan Sosial.”

Menanggapi penunjukkannya sebagai Menteri Kesehatan yagn baru, Javid mengatakan merasa terhormat untuk mengambil peran itu.

“Saya berharap dapat berkontribusi dalam perjuangan kita melawan pandemi, dan melayani negara saya dari Kabinet sekali lagi,” kata dia.

Dengan membawa Javid kembali ke pemerintahan, Boris Johnson diharapkan dapat menghindari goncangan lebih luas pasca mundurnya Hancock dari jabatan.

Skandal Matt Hancock

Matt HancockĀ  mengundurkan diri sehari setelah dipanggil karena melanggar protokol kesehatan aturan jarak sosial dengan mencium seorang ajudan.

Dalam sebuah surat kepada Perdana Menteri Boris Johnson, Hancock mengatakan, pemerintah berutang kepada orang-orang yang telah berkorban begitu banyak dalam pandemi ini.

Boris Johnson mengatakan menyesal menerima pengunduran diri tersebut.

Hancock semakin mendapat tekanan agar mundur, setelah The Sun menerbitkan foto-foto Hancock dan ajudannya Gina Coladangelo berciuman.

Padahal masing-masing dari mereka telah menikah dan memiliki anak.

The Sun mengatakan, foto-foto itu diambil di dalam kantor Departemen Kesehatan pada 6 Mei 2021.

Beberapa surat kabar melaporkan, Hancock telah mengakhiri 15 tahun pernikahannya dengan istrinya, Martha.

BBC mengatakan, laporan itu memang akurat. (Uli)