Sah! Kroasia Resmi Bergabung Dalam Negara Anggota Schengen

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 11 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Kroasia – Kroasia bergabung dengan Uni Eropa sejak tahun 2013, tetapi menjadi salah satu dari lima negara Uni Eropa yang belum bergabung dalam kawasan Schengen, sebuah zona perjalanan yang dibuat dalam perjanjian tahun 1985 yang ditandatangani di kota Schengen, Luksemburg.

Sementara 22 negara Uni Eropa dan non-anggota Uni Eropa seperti Islandia, Swiss, dan Norwegia telah menghapus kontrol perbatasan di dalam wilayah Schengen.

Beberapa negara anggota secara berkala menggunakan hak mereka untuk menangguhkan partisipasi dan menetapkan kembali hak pada setiap pemeriksaan kunjungan orang, sebagai langkah melawan ancaman seperti aktivitas teroris.

Kroasia yang merupakan anggota Uni Eropa terbaru menyatakan, sangat ingin bergabung kawasan Schengen, dengan maksud memudahkan perjalanan bagi warganya, dengan tetap memastikan memenuhi standar berbagi informasi dengan polisi dan pengamanan di luar perbatasan.

Dalam sebuah pernyataan, Kroasia telah menyelesaikan semua persyaratan yang diperlukan untuk menjadi anggota Schengen.

Menteri Dalam Negeri Slovenia, Ales Hojs memimpin pertemuan pada hari Kamis (09/12) di Brussels dan setelah itu mengumumkan terobosan untuk tetangga selatannya.

“Saya pikir ini adalah saat yang tepat untuk memberi selamat kepada Kroasia dan berterima kasih kepada semua orang” yang telah “berkontribusi pada pencapaian penting ini,” katanya, dilansir dari Tribunnews.com (10/12/2021).

“Namun, ini baru langkah pertama Kroasia memasuki wilayah Schengen. Saya yakin langkah-langkah lain akan menyusul secara berurutan. Dan ini akan bermanfaat terutama bagi warga Slovenia dan Kroasia karena perbatasan antara kita akan tidak ada lagi,” tambahnya. (Uli)