Saat Bus Sekolah Bekas Disulap Jadi Rumah Gelandangan

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 9 November 2019
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Seorang jurnalis terketuk hatinya untuk menolong tuna wisma. Dia menyulap bus sekolah bekas menjadi rumah mungil.

Dikutip dari Dream.co.id (08/11/2019), jurnalis bernama Julie Akins ini bertemu dengan keluarga gelandangan pada Agustus 2016. Mereka ditemui di bus sekolah yang terbengkalai.

Akins mengatakan bus ini menjadi hunian mereka karena sang ibu kehilangan anak-anaknya karena gagal menyediakan tempat tinggal yang nyaman.

Akins tak mau keluarga lain mengalami kejadian serupa, makanya dia mendirikan yayasan amal ” Vehicle for Changes” . Lembaga ini mengambil bus sekolah bekas (baik yang dijual ataupun disumbangkan).

Kendaraan itu disulap menjadi rumah mungil. Bus ini dilengkap dengan ranjang tingkat, shower, dapur, pemanas, dan mesinnya masih bisa digunakan. Jadi, keluarga tunawisma ini nisa bepergian ke negara manapun yang diinginkan.

Ada Tenaga Solar

Bus ini juga dibekali dengan tenaga solar. Mereka juga diparkir legal di RV Park yang disewa selama enam bulan pertama oleh yayasan.

Keluarga itu tinggal dan menyewanya dan bisa membelinya dengan harga terjangkau.

Bus ini menawarkan stabilitas dan keleluasaan. Tentu saja dengan kenyamanan. Mereka juga membantu keluarga pengangguran dan orang tua yang bekerja.

Mitra Akins, Alex Daniell, mengatakan rencana Akins brilian. Rencananya bisa sukses dengan bantuan masyarakat.

” Hasil akhir produk ini adalah mencegah keluarga tercerai-berai,” kata dia.

Targetnya Akins ingin membuat 1 Skoolie per tahun. Dia juga menargetkan bisa menghasilkan banyak uang melalui donasi dan kontribusinya selama lima tahun. (Uli)

INDOLINEAR.TV