Rumah Kentang Sampai Bakar Terasi, Ini Cerita Hantu Makanan yang Populer

FOTO: detik.com/indolinear.com
Senin, 25 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Meski sudah era modern, masih banyak mitos horror yang populer di Indonesia hingga saat ini. Dari hilangnya tukang nasi goreng, hingga rumah beraroma kentang.

Percaya atau tidak percaya, banyak mitos menyeramkan yang berkembang di masyarakat luas. Mitos ini kebanyakan berbau mistis, dan gangguan dari makhluk tak kasat mata. Di Indonesia sendiri, banyak tempat hingga hal yang dipenuhi mitos.

Mulai dari isu hantu penglaris, pasar tak kasat mata, hingga membakar terasi di malam hari, dilansir dari Detik.com (24/10/2021).

Di wilayah perumahan mewah, ada Rumah Pondok Indah yang terkenal angker dan dihuni banyak penunggu. Meski kini sisa bangunan rumah mewah itu sudah diratakan menjadi tanah, tapi sekelumit mitos yang beredar tentang rumah itu masih terkenal hingga sekarang.

Di tahun 2002 silam, masyarakat sempat dihebohkan dengan kabar hilangnya penjual nasi goreng keliling. Konon, tukang nasi goreng itu mendapatkan pesanan dari seorang wanita misterius yang berada di dalam rumah angker tersebut, dan ketika mengantarkan pesanan nasi goreng ke rumah tersebut, penjual nasi goreng itu tidak pernah kembali. Kabarnya yang tertinggal hanyalah gerobak nasi gorengnya saja.

Banyak orang yang tidak mempercayai kabar ini, tapi banyak juga masyarakat yang mempercayai mitos ini hingga sekarang.

Mitos atau cerita masyarakat ini populer di wilayah Sumatera. Sosok Mak Sumay dipercaya sering menculik anak-anak kecil yang masih berkeliaran di luar rumah, setelah malam tiba. Sosoknya misterius, karena makhluk ini sering menyerupai orang yang dikenal.

Menurut kepercayaan di sana, Mak Sumay akan membawa anak-anak bersamanya dengan menawarkan makanan kesukaan dari anak tersebut. Ketika sang anak sudah menyantap makanan yang ia berikan, maka anak itu akan dibawa selamanya oleh Mak Sumay.

Makanan yang ditawarkannya juga hanyalah cacing, kecoa, dan serangga lainnya yang disulap menyerupai makanan enak untuk mengelabui anak.

Selain Rumah Pondok Indah, ada Rumah Kentang yang juga berlokasi di kawasan perumahan elite di Prapanca. Mitosnya banyak orang yang sering melihat penampakan anak kecil dan wanita, serta aroma kentang yang tercium di sekitar rumah.

Menurut kisah yang beredar, rumah kentang ini konon dihantui oleh anak kecil. Dulu ada seorang anak kecil yang jatuh dalam kuali panas berisi kentang, sehingga sejak saat itu aroma kentang yang kuat sering tercium di rumah yang gelap dan kosong.

Menurut kepercayaan dari kebudayaan Jawa Kuno, banyak mitos yang menyebutkan bahwa membakar terasi di malam hari, khususnya di tempat angker dapat mempermudah seseorang untuk melihat langsung mahkluk tak kaasat mata.

Meski terasi sering digunakan untuk mengolah masakan, hingga membuat sambal. Tapi aroma terasi ternyata menarik para makhluk halus untuk muncul di depan Anda. Selain terasi, banyak juga yang percaya bahwa membakar ikan jenis saluang di tengah hutan akan membuat penghuni di sana merasa terganggu dan menampakan diri.

Mitos rumah makan atau restoran yang menggunakan ‘penglaris’ memang masih bertahan hingga saat ini. Bahkan banyak tempat makanan yang selalu ramai dikunjungi dan laris, kerap diterpa isu menggunakan penglaris.

Penglaris sendiri bentuknya bermacam-macam, ada yang menggunakan jimat hingga jin peludah. Jin peludah ini biasanya digambarkan sebagai sosok seram yang mirip seperti hewan dan manusia.

Konon sebelum makanan disajikan kepada pengunjung, jin ini akan meludahi setiap makanan di sana agar rasanya lebih enak, dan membuat pengunjung kembali lagi ke sana. (Uli)