Ruangguru Menggelar Liga Dengan Total Hadiah Rp1,5 Miliar, Berikut Daftar Lombanya

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 30 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Setelah sukses menyelenggarakan Kompetisi Sains Ruangguru (KSR) untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA, Ruangguru menyelenggarakan Liga Ruangguru dengan total hadiah mencapai Rp 1,5 miliar.

Anggini Setiawan, Head of Corporate Communication Ruangguru menyampaikan kompetisi pelajar berskala nasional tersebut dapat diikuti pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA (sederajat).

“Liga Ruangguru meliputi berbagai bidang pelajaran akademik dan non-akademik, termasuk Bahasa Inggris, kreasi konten media sosial, kesenian, dan mobile gaming,” ujarnya pada konferensi pers secara virtual, dilansir dari Tribunnews.com (29/10/2021).

Selain hadiah tersebut, Ruangguru nantinya memberikan kesempatan untuk mengunjungi kampus-kampus ternama di Amerika Serikat bersama para pendiri dan brand ambassador Ruangguru.

Anggini mengatakan Ruangguru menyadari bahwa setiap siswa memiliki bakat dan minat yang berbeda, baik dalam bidang akademik, maupun non-akademik.

Pada akhirnya, kompetisi akan membantu pelajar mengasah kemampuan dan bakat mereka.

Karena itu, Liga Ruangguru diluncurkan, untuk memberikan ruang bagi pelajar dalam mengembangkan hobi dan bakatnya sehingga dapat memacu pengembangan karakter diri, terutama dalam hal sportivitas, semangat bekerja sama, belajar, dan persaingan yang sehat.

“Harapannya, Liga Ruangguru menerima sambutan baik dari masyarakat, dan dapat menjadi ruang yang bermanfaat untuk turut mengembangkan potensi dan karakter pelajar Indonesia agar menjadi SDM unggul di masa depan,” kata Anggini.

Adapun kompetisi yang diadakan di Liga Ruangguru antara lain;

Ruangguru Arena, rangkaian kuis akademik harian di aplikasi Ruangguru.

Peserta akan mendapatkan pertanyaan setiap hari dan untuk setiap jawaban yang benar, peserta akan memperoleh poin.

Akumulasi poin akan menentukan juara harian, juara mingguan, dan juara umum.

Ruangguru Champion, kompetisi cerdas cermat berskala nasional di Indonesia yang mempertandingkan siswa/siswi terbaik di Indonesia.

English Academy Champion, kompetisi uji kemampuan berbahasa Inggris antar sekolah, yang terdiri dari:

– English Quiz: Lomba cepat tepat berbahasa Inggris yang menguji kemampuan dasar berbahasa Inggris.

– English Essay Competition: Kompetisi menulis dalam bahasa Inggris.

– English Speech Competition: Kompetisi berpidato dalam bahasa Inggris.

– English Debate Competition: Kompetisi debat bahasa Inggris antar sekolah.

Ruangguru Social Challenge, kompetisi video content creation yang dapat diikuti oleh para kreator video Instagram/Tiktok untuk berani beropini secara kreatif di media sosial.

Ruangguru Mobile Gaming, kompetisi mabar antar sekolah untuk menjadi yang terbaik di bidang e sport, Mobile Legends.

Ruang Seni, kompetisi untuk semua pelajar yang memiliki kemampuan di bidang ilustrasi, fotografi, vokal dan musik.

Tryout Akbar UTBK Ruangguru, yaitu uji kesiapan menghadapi UTBK 2022 yang disimulasikan seperti UTBK riil (menggunakan sistem item response theory – IRT). (Uli)