RSUD Kota Tangerang Siap Tangani Virus Corona Seperti Infeksi Lain

FOTO: cnnindonesia.com/indolinear.com
Jumat, 31 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Kota Tangferang – RSUD Kota Tangerang menyatakan akan tetap waspada pada penyebaran virus corona. Hanya saja penanganannya sama dengan umumnya pasien yang penyakit infeksi lainnya.

“Seperti penyakit infeksi lain. Jadi tidak ada sampai kita harus terlalu gimana, tetap kita tangani. Baik di rawat jalan. Baik lewat IGD gitu,” kata Kepala Humas RSUD Kota Tangerang dr. Tintin Suriyatin, dilansir dari Cnnindonesia.com (30/01/2020).

Pihak RSUD tak menyiapkan penanganan dan fasilitas khusus untuk mengantisipasi kemungkinan pasien terjangkit virus corona. Rumah sakit sejauh ini hanya menyediakan ruang isolasi di instalasi gawat darurat (IGD) yang biasa digunakan untuk menangani pasien yang terkena infeksi pada umumnya.

Titin menilai saat ini kecil kemungkinan pihaknya menerima pasien yang terjangkit virus corona. Menurut Tintin, hal itu karena pemerintah sudah melakukan antisipasi lewat pencegahan ketat seperti pemeriksaan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Kalau RS kita sih penanganan, karena kita kemungkinan sih kecil. Karena otomatis sekarang ini pemerintah lebih intensif kayak di bandara, perbatasan, sudah dilakukan dengan pemeriksaan thermostat,” kata Tintin.

RSUD Kota Tangerang, kata Tintin sejauh ini telah menjalin kerja sama dengan tiga rumah sakit untuk penanganan penyakit infeksi, termasuk di antaranya jika ada pasien yang diduga terjangkit virus corona.

Tiga rumah sakit itu yakni, Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Suroso, Sunter, Jakarta Utara; Rumah Sakit Umum (RSU) Persahabatan, Jakarta Timur; dan Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang.

“Kemudian kita akan langsung menyiapkan tim kami untuk merujuk ke sana,” katanya.

Tintin mengimbau masyarakat tidak terlalu panik terhadap kabar penyebaran virus corona yang membuat geger belakangan. Menurutnya, ada lebih banyak penyakit infeksi lain yang lebih berbahaya dari corona dan harus terus diantisipasi, seperti tuberkulosis (TBC) dan HIV.

“Karena saya rasa masih banyak penyakit-penyakit yang lebih menakutkan. Seperti TBC itu menakutkan,” katanya.

Lebih lanjut, Tintin mengatakan virus corona seperti virus pada umumnya, akan mudah menjangkit tubuh yang memiliki daya sistem imun yang lemah. Oleh karana itu, untuk mengantisipasinya, ia mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dan pola hidup yang teratur.

“Pencegahan penyakit infeksi itu dengan cuci tangan. Kemudian saat datang cuci tangan. Itu habit yang harus kita jaga. Sama aja sih, virus itu ya. Tergantung daya tahan tubuh,” katanya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: