RSUD Kota Depok Kini Resmi Miliki BDRS

FOTO: depok.go.id/indolinear.com
Sabtu, 9 Maret 2019
Depok | Uploader puspita

Indolinear.com, Depok -Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, meresmikan instalasi bank darah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok. Pradi menyatakan peresmian instalasi bank darah diharapkan bisa mempermudah masyarakat mendapatkan transfusi darah dari RSUD Depok.

“Ini adalah salah satu jawaban bagi masyarakat Depok untuk memudahkan akses kebutuhan darah,” jelasnya dilansir dari depok.go.id.

Lebih lanjut, ucapnya, selain dapat meringankan biaya pasien tanpa harus ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Depok, keberadaan BDRS memiliki sejumlah tugas penting untuk terjaganya ketersediaan darah. Diantaranya menyiapkan SPO (Standart Prosedur Operasional) setiap langkah kegiatan, merencanakan kebutuhan darah di rumah sakit, menerima darah dari UTD yang telah memenuhi syarat uji saring (non reaktif) dan telah dikonfirmasi golongan darah, serta memantau persediaan darah harian atau mingguan.

Tidak hanya itu, BDRS juga berfungsi untuk memeriksa darah yang cocok untuk pasien, hingga melakukan rujukan apabila ada kesulitan uji silang selasih, dan menerima darah yang sudah diuji sharing oleh PMI.

Dirinya menambahkan, dengan adanya BDRS, masyarakat khususnya pasien RSUD Depok mampu mendapatkan darah tanpa harus menunggu waktu yang lama.

“Saya apresiasi kehadiran BDRS di RSUD Depok untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. InsyaAllah ini akan memudahkan pasien yang membutuhkan darah dari segi efektif dan efisien,” pungkasnya.(pit)