RSU Tangsel Siap Layani Pasien Diabetes

FOTO: Eksklusif RSU Tangsel for indolinear.com

Indolinear.com, Tangsel  – Rumah Sakit Umum (RSU) kota Tangerang Selatan (Tangsel) sejak dua tahun terakhir telah mengobati ratusan pasien Diabetes.

Hingga pertengahan 2019, sejak dibukanya Pelayanan Poliklinik Diabetic Center atau yang lebih dikenal dengan sebutan Poli DM oleh masyarakat sejak 2017 lalu, jumlah kunjungan sudah tercatat 322 pasien.

Pelayanan Poli Diabetic Center yang buka setiap Senin hingga Jumat, untuk jadwal pendaftarannya sama seperti layanan poliklinik lainnya, yakni setiap Senin hingga Kamis yang pendaftarannya dimulai dari pukul 6.30 – 11.00 wib dan khusus untuk Jumat mulai pukul 6.30 – 10.00 WIB.

Salah satu pelayanan poliklinik yang digawangi oleh dr. Sintha dan dr. Retno ini sedang gencarnya memberikan edukasi kepada para pengunjung RSU Tangsel, khususnya kepada pasien DM itu sendiri. mengingat jumlah penderita DM di Tangsel kini semakin meningkat.

Edukasi ini diberikan kepada pasien melalui seminar kesehatan yang rutin dilakukan setiap satu bulan sekali di aula lantai 5 gedung RSU Tangsel. Adapun selain seminar, bentuk kegiatan lainnya seperti senam kaki untuk para penderita penyakit DM juga dilakukan secara rutin.

Memberikan edukasi kepada masyarakat tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. selain harus mengerti materi, juga dipaksa harus mengerti kondisi psikologis masyarakat yang notabene sedang sakit dan menjadi pasien di RSU Tangsel.

Guna menjaga terlaksananya kegiatan mulia ini. dr. Sintha dan dr. Retno membentuk tim yang terdiri dari ahli gizi yakni Mona dan Wahyu, April selaku apoteker, Retno selaku Fisioterapi dan para perawat yakni Feby dan Fredy, juga dibantu oleh petugas Promosi Kesehatan RSU Tangsel yang akhirnya dikenal dengan sebutan “TIM Diabetic Center RSU Tangsel”.

Salah satu pasien Diabetes RSU Tangsel, J-N kepada media mengaku mendapatkan pelayanan yang optimal dalam menangani penyakitnya, “Pelayanannya baik, pegawainya ramah-ramah, kami pun mudah dan gampang konsultasinya”, ucapnya.

Sesuai dengan brandingnya, yaitu “Ramah, Nyaman, Peduli”, RSU Tangsel terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. RSU Tangsel menyadari betul bahwa hubungan emosional yang baik antara pasien dengan para tenaga medis adalah hal yang harus selalu dijaga.

Maka dari itu salah satu upayanya adalah dengan membuat group whatsapp seperti yang sudah dilakukan oleh TIM Diabetic Center yang bertujuan untuk memberikan edukasi-edukasi kesehatan kepada pasien Diabetes.

Di dalam group whatsapp itu, pasien-pasien diabetes bisa berkonsultasi dengan TIM Diabetic Center dengan tujuan bisa memberikan informasi seputar kegiatan maupun informasi tentang materi edukasi.

Adapun kegiatan seminar kesehatan yang rutin dilakukan merupakan salah satu dari banyaknya kegiatan yang dilaksanakan oleh TIM Diabetic Center.

Pelayanan TIM Diabetic Center RSU Tangsel lainya adalah Perawatan Luka bagi pasien penderita DM.(ADV)

INDOLINEAR.TV