RSU Tangsel Raih Penghargaan TB RO

FOTO: Eksklusif Dinkes Tangsel for indolinear.com

Indolinear.com, Tangsel – Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dalam upayanya mengendalikan penyakit Tuberculosis Resisten Obat (TB RO) di wilayah Tangsel.

Layanan bagi penderita TB RO di RSU Tangsel dimulai pada akhir Desember 2016 lalu. Setelah perjanjian kerjasama antara Dinas Kesehatan Provinsi Banten dengan RSU Kota Tangerang Selatan tentang peminjaman alat diagnosa GenExpert dalam kegiatan Manajemen Terpadu Pengendalian TB RO (MTPTRO).

Plt Direktur RSU Tangerang Selatan,dr Allin Hendarlin Mahdaniar dalam keterangan resminya menyampaikan rasa gembiranya atas penghargaan yang diberikan Dinas Kesehatan Provinsi Banten kepada RSU Tangsel, dalam mengendalikan pasien TB RO di wilayah tersebut.

“Kami sangat bergembira atas penghargaan yang diberikan ini. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada tim medis RSU Tangsel, khususnya tim dokter spesialis paru-paru yang telah berupaya maksimal dalam mengendalikan penyakit TBRO,” kata Allin di lokasi Ballroom Hotel Atria Tangerang beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Allin memastikan bahwa penghargaan yang diraih saat ini, bukanlah puncak segalanya. Sehingga jajaran manajemen dan tim medis RSU Kota Tangsel akan terus berupaya meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Tangsel agar lebih optimal lagi.

“Sampai saat ini, semenjak dibukanya layanan bagi pasien TB RO pada 23 Desember 2016 lalu. Kami telah melayani 180 pasien,” ucap dia.

Adapun penghargaan yang diraih oleh RSU Tangsel ini, diberikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Dr. M. Yusuf, S.Sos. M.Si. Dalam kegiatan rapat koordinasi terpadu lintas program-lintas sektor pada program prioritas bidang kesehatan.

Penghargaan bergengsi ini, juga disaksikan langsung sejumlah pejabat Dinas Kesehatan se Provinsi Banten. Diantaranya para Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten-Kota se Provinsi Banten, Kepala Bidang di Dinas Kesehatan Kabupaten-Kota se Provinsi Banten, Direktur RSUD Kabupaten-Kota se Provinsi Banten serta Kepala Puskesmas Kabupaten-Kota se Provinsi Banten.

Turut hadir pula para medis dari RSU Tangsel, dr. Elly Agustiana, dr. Fadhlina Azmi, Sp. P, dr. Iin Rahmania Inayatillah, Sp. P, Arif Sugianto, Amd. Niko Pernando, dr. Dedi Nofizar, Sp. P yang menerima penghargaan tersebut.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dalam sambutannya di hadapan pejabat Dinkes se-Banten mengungkapkan, diberikannya penghargaan tersebut, terhadap RSU Tangsel sebagai motivasi untuk mendorong pelayanan kesehatan yang lebih baik di masyarakat.

Penghargaan ini diberikan setelah tim Dinas Kesehatan Provinsi Banten, melakukan evaluasi pelayanan kesehatan terhadap fasilitas kesehatan se-provinsi Banten sejak beberapa bulan terakhir.

“Tujuan penghargaan ini bukan untuk menumbuhkan kompetisi yang mendegradasi kualitas pelayanan kesehatan itu sendiri. Penghargaan ini bukan sebagai perlombaan yang mendiskriminasi kualitas, tetapi penghargaan ini dimaksud untuk memberikan motivasi dan mendorong bagaimana pelayanan itu bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Plt Kadis Kesehatan Provinsi Banten M. Yusuf.

Sementara dr Elly Agustiana, dokter ahli paru-paru RSU Tangsel, berharap program layanan bagi pasien TB RO di RSU Tangsel, bisa terus dikembangkan dan bisa menyentuh lapisan masyarakat lebih luas lagi.

“Terutama saya berharap RSU Kota Tangsel, bisa memberikan fasilitas rawat inap untuk pasien TB RO disini. Karena secara psikologis mereka sangat percaya dan tergantung pada pelayanan petugas-petugas di RSU Tangsel”. Ucap dr. Elly Agustiana salah satu dokter yang ikut terlibat di program layanan TB RO.(ADV)