RSIA Soeroso Tangsel Mendapatkan Akreditasi Tercepat

FOTO: net/indolinear.com
Kamis, 11 Februari 2016

Indolinear.com, Tangsel – RSIA RP Soeroso, Ciputat, Tangsel, berhasil meraih prestasi terbaik dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) 2015. Prestasi itu setelah pihak rumah sakit meraih Akreditasi dalam waktu sangat singkat, selama empat bulan.

“Ini waktu singkat yang kami raih, sementara untuk mendapatkan akreditasi itu bisa mencapai waktu satu tahun, kami hanya mampu meraih dengan waktu empat bulan,” kata Direktur RSIA Soeroso Ciputat, Dr.Drg. Prita P.Paramita,MARS kepada wartawan diruang kerjanya,

Menurut Prita penghargaan akreditasi ini sangat perlu mengingat semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam memilih rumah sakit yang berkualitas dan terjamin. Sehingga pemerintah melalui Dinas Kesehatan Tangsel mendorong rumah sakit melakukan sertifikasi atau akreditasi agar standar dan kualitas pelayanan pada masyarakat semakin meningkat.

“Dorongan ini yang kami jadian acuan untuk meraih akreditasi ini, ternyata kami mampu meraih dengan waktu yang sangat singkat,” ungkapnya.

Dijelaskan Prita RSIA Ciputat Akreditasi KARS yang sudah diperoleh dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga sudah mewajibkan dilaksanakannya akreditasi rumah sakit dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit di Indonesia.

Hal ini disesuaikan Dengan dasar hukum pelaksanaan akreditasi di rumah sakit adalah UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, UU No. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit dan Permenkes 1144/ Menkes/ Per/ VIII/ 2010 tentang organisasi dan tata kerja kementerian kesehatan.

“Akreditasi akan sangat berguna dalam menghadapi persaingan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), karena kompetisi akan semakin ketat, sehingga menuntut rumah sakit untuk terus meningkatkan standar pelayanannya,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam menyongsong MEA, salah satu persiapan dunia kesehatan di Tangsel adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan, dan akreditasi merupakan satu-satunya pembuktian secara legal, bahwa standar dan kualitas pelayanan yang diterapkan teruji dan diakui.

“Akreditasi ini menunjukkan standar pelayanan serta mutu RSIA Ciputat sudah teruji, sehingga konsumen bisa tenang dan merasa aman terlayani karena memiliki nilai jual atau nilai tambah,” tandasnya.(Erwin)