Roda Peninggalan Zaman Perunggu Ditemukan Di Inggris

Rabu, 24 Februari 2016

Indolinear.com, Inggris – Sebuah roda kayu utuh peninggalan zaman perunggu yang diyakini ukurannya paling besar dan paling awal dari jenisnya tengah digali dari lokasi penemuannya di Inggris.

Artefak berusia 3.000 tahun ini ditemukan di sebuah situs yang dijuluki ‘Pompeii ala Inggris’ karena dianggap kaya akan peninggalan arkeologi di kawasan Cambridgeshire.

Para arkeolog menjelaskan temuan roda ini -yang terawetkan dengan baik dari zaman perunggu- merupakan temuan yang ‘belum pernah terjadi sebelumnya’.

Sebagian masih tertanam dalam lumpur, roda kayu berukuran sekitar satu meter itu diperkirakan digunakan sekitar tahun 1.100 hingga 800 sebelum Masehi.

 

Roda tersebut ditemukan di dekat salah-satu fondasi rumah peninggalan zaman perunggu -disebut roundhouse– yang ditemukan bulan lalu.

Artefak ‘luar biasa’

“Penemuan ini menunjukkan adanya warga yang tinggal di sebuah lanskap berair yang terhubung dengan lahan kering”, kata David Gibson dari Cambridge Archaeological Unit, yang memimpin penggalian.

Sementara lembaga Historic England -yang bekerja sama dengan pemilik tanah Forterra dalam proyek penggalian- menjelaskan bahwa temuan ini ‘belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal ukuran dan kelengkapan’.

“Roda kayu yang luar biasa tapi rapuh ini adalah contoh lengkap paling awal yang pernah ditemukan di Inggris,” kata pimpinan eksekutif Historic England, Duncan Wilson.

“Keberadaan roda ini memperluas pemahaman kita tentang teknologi di masa akhir zaman perunggu, dan tingkat kecanggihan kehidupan masyarakat yang tinggal di tepi Fens 3.000 tahun yang lalu.”

Kasia Gdaniec, arkeolog senior dari dewan desa setempat, mengatakan artefak luar biasa yang ditemukan di situs tersebut ‘memukau dan mencengangkan’. (uli)

 

Sumber: Bbc.com

 

loading...