Robot Ini Bisa Menyetrika Sebaik Manusia

Kamis, 25 Februari 2016

Indolinear.com – Terlalu sibuk sering jadi alasan untuk tidak mengerjakan pekerjaan di rumah, salah satunya menyetrika. Namun kini, pekerjaan tersebut bisa digantikan oleh robot.

Para ilmuwan telah mengembangkan sebuah mesin robot yang dapat menyetrika dengan sempurna, tampa lekukan sedikit pun. Robot ini menggunakan sensor dan sebuah teknologi berupa ‘algoritma penganalisis kerutan,’ untuk memastikan kemeja, rok, celana, atau pakaian lainnya terlihat seperti sehabis disetrika manusia.

Robot ini dikembangkan oleh tim dari University of Columbia. Mereka menggunakan teknologi sensor gerak yang digunakan di Xbox Kinect, yang memungkinkan robot penyetrika untuk memindai pakaian sebelum proses setrika dimulai. Sensor ini digunakan untuk mendeteksi perbedaan tinggi di permukaan pakaian, yang menandakan adanya kerutan atau lekukan di pakaian.

Sensor ini juga yang digunakan untuk mengetahui bagian mana dari pakaian yang perlu ditarik dan diperluas sebelum proses setrika, untuk menghilangkan kerutan di baju. Setelah proses ini selesai, ‘algoritma penganalisis kerutan’ bekerja bersama proses menyetrika agar menghasilkan baju yang tersetrika sempurna.

Dari berbagai proses yang dilakukan robot ini untuk menyetrika, para ilmuwan mendeskripsikannya sebagai ‘optimalisasi urutan,’ mengingat manusia seringkali menyetrika tanpa urutan yang benar.

Pimpinan dari penelitian ini yang sekaligus ilmuwan komputer di Columbia, Professor Peter Allen, menyatakan bahwa alat ini adalah sebuah modifikasi dari benda yang kaku untuk digunakan, dan mereka menemukan cara untuk membuatnya lebih nyaman untuk digunakan dan menghilangkan kekakuan tersebut.

Tertarikkah Anda untuk menjadikan robot sebagai asisten dalam membantu pekerjaan rumah tangga? (uli)

 

Sumber: Merdeka.com

loading...