Robot BOBOTA Siap Menindak Masyarakat Yang Tak Pakai Masker

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 19 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Bojonegoro – Untuk meningkatkan kedisiplinan menggunakan masker di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Polres Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur meresmikan Robot Bojonegoro Tangguh “BOBOTA” pada Selasa (6/10).

Robot BOBOTA bisa mendeteksi masyarakat di kerumunan yang tidak mengenakan masker. Peluncuran robot ini sebagai bentuk dukungan terhadap terbentuknya program Kampung Tangguh Semeru dan Jatim bermasker.

Mengenal BOBOTA

BOBOTA sendiri merupakan kependekan dari Robot Bojonegoro Tangguh. Robot milik Polres Bojonegoro ini diciptakan untuk membantu mendeteksi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Sejak diresmikan pada awal Oktober lalu, robot ini siap diterjunkan ke lapangan guna membantu kepolisian dalam rangka mendukung operasi perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Dikutip dari Liputan6.com (17/10/2020), selain deteksi masker, BOBOTA memiliki sejumlah fitur, mulai dari kamera hingga panggilan video.

  1. Kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition)

Kamera ini dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor. Selanjutnya, secara otomatis merekam dan menyimpan data nomor kendaraan bermotor. Sehingga pendataan pelat nomor kendaraan dapat dilakukan pada saat kegiatan patrol. Kamera ini dilengkapi alarm sehingga bisa mendeteksi nomor kendaraan yang masuk dalam daftar hitam atau blacklist.

  1. AI Camera (FaceMask Detection Alert)

Kamera ini menggunakan pemanfaatan  AI (Artificial Intelligence) yang dapat mendeteksi masyarakat yang tidak menggunakan masker. Selain mendeteksi masyarakat yang tak bermasker, melalui fitur ini BOBOTA juga memberikan imbauan terkait penggunaan masker.

  1. Video Call

Fitur ini memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara masyarakat dengan petugas, sehingga meminimalisir terjadinya kontak langsung. Announcement Speaker dilengkapi dengan 4 buah speaker yang dapat digunakan untuk memberikan pengumuman, imbauan, dan juga play audio.

  1. Mobile Traffic Light

BOBOTA juga dilengkapi Mobile Traffic Light, yaitu modul lampu pengaturan lalu lintas 4 arah yang dilengkapi dengan extension ketinggian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk mengetahui tujuan tertentu, dipasang juga PTZ Camera 270ᵒ dan Camera 360ᵒ di mana kamera tersebut dapat berputar baik 270ᵒ atau 360ᵒ. Sementara itu, jangkauan robot ini tetap dapat dikontrol selama terhubung dengan jaringan internet.Penggunaan BOBOTADalam video berdurasi 4 menit 34 detik itu diperlihatkan bagaimana cara BOBOTA bekerja. Robot ini didemokan dengan cara dihadapkan pada seorang perempuan yang tidak memakai masker yang berjalan ke arah BOBOTA. Tidak lama kemudian, BOBOTA mengeluarkan bunyi imbauan supaya perempuan tersebut mengenakan maskernya.

BOBOTA sendiri dikendalikan dari posko Kampung Tangguh Semeru Polres Bojonegoro melalui jaringan internet. Operator bisa mengendalikan robot secara penuh melalui virtual joystick dan memiliki visual penuh ke semua arah, serta dapat mengendalikan kamera untuk melakukan komunikasi secara audio-video. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: