Riset China Menyebutkan 3 Miliar Orang Di Dunia Belum Tersambung Internet

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 11 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – China International Development Knowledge Center melaporkan sebanyak 38 persen dari populasi dunia atau sekitar hampir 3 miliar orang belum tersambung akses internet hingga akhir 2021. Dari 3 miliar itu, kebanyakan berada di negara-negara berkembang.

Dilansir dari Merdeka.com (10/07/2022), pada 2020, sebanyak 75,6 persen jumlah pengguna internet di area urban atau perkotaan di seluruh dunia. Jumlah itu, hamper dua kali lipat dari angka pengguna internet di area pedesaan yang mencapai 38,8 persen.

Terlepas dari upaya dari semua lapisan masyarakat untuk menjembatani kesenjangan cakupan digital, ada beberapa faktor yang membuat internet masih belum dirasakan oleh 3 miliar orang di dunia.

Berikut adalah beberapa faktor yang menghambat inklusi digital: Tingginya biaya akses internet relatif terhadap pendapatan di beberapa negara dan wilayah; Ketidakmampuan untuk membayar biaya terminal seluler, seperti smartphone; dan Kurangnya keterampilan digital bagi beberapa kelompok.

Laporan tersebut juga mengklaim sejumlah hal yang membuat lalu lintas internet global di 2020 meningkat sebesar 15,9 kali dibandingkan satu dekade lalu. Faktor yang dimaksud meliputi percepatan penyebaran konstruksi infrastruktur informasi generasi baru, peningkatan teknologi digital yang cepat, hingga kebangkitan platform digital di berbagai bidang. (Uli)

loading...