Richard Mainaky Menyebutkan Kualitas Ganda Campuran Mulai Meningkat

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 13 Maret 2019

Indolinear.com, Jakarta – Pelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, menilai para pemainnya sudah menunjukkan peningkatan yang sangat baik pada All England 2019.

Dari enam pasangan ganda campuran Indonesia yang tampil pada All England 2019, hanya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang mampu melangkah paling jauh, yakni hingga semifinal.

Di bawah Praveen/Melati, ada Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, pasangan ganda campuran anyar yang tersingkir saat babak perempat final.

Hal-hal seperti itulah yang dinilai Richard sebagai suatu peningkatan. Ia berharap hasil All England 2019 bisa menjadi batu loncatan bagi pemain asuhannya untuk lebih baik dalam ajang berikutnya.

“Target minimal 8 besar. Hasil keseluruhan sudah memberi harapan dan sudah mulai menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Sebenarnya, ganda campuran kita sudah mampu bersaing di papan atas,” kata Richard dilansir dari Kompas.com (12/03/2019).

Satu persoalan yang masih tersisa, kata Richard, adalah para pemain ganda campuran sering terburu-buru saat unggul pada akhir gim (game point). Permasalahan itu tak hanya dialami oleh semua pasangan andalan, yakni Praveen/Melati, Tontowi/Winny dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

“Contohnya Praveen/Melati. Saat partai semifinal melawan unggulan pertama, seharusnya menang dua gim langsung. Gim pertama menang telak 21-13 dan saat gim kedua unggul 20-17. Permasalahannya tinggal sedikit lagi,” ucap Richard.

“Ini menurut saya, hanya faktor ketenangan anak-anak pada poin-poin kritis,” kata dia lagi.

Pada All England 2019 pun, sektor ganda campuran tergolong paling “dirugikan” dalam persoalan drawing atau undian.

Dari enam pasangan yang tampil, empat di antaranya harus menjalani “perang saudara” pada babak pertama. Pertandingan sesama wakil Indonesia terjadi antara Tontowi/Winny melawan Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami serta Praveen/Melati kontra Hafiz/Gloria. (Uli)