Ribuan Hewan Kurban Layak Potong, Pemkot Bekasi Memberi Label Halal

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 30 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi, Jawa Barat, telah mencantumkan label halal atau layak konsumsi terhadap ribuan hewan kurban. Label halal tersebut diberikan kepada para penjual di lapak-lapak sekitar wilayah Kota Bekasi melalui serangkaian pengecekan kesehatan.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner di Distanikan Kota Bekasi, Sariyanti mengungkapkan bahwa pemberian label halal tersebut bertujuan untuk memastikan daging kurban nantinya aman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Yang sakit belum kami temukan, kalau diare itu kan biasa,” kata Sariyanti seperti dilansir dari Merdeka.com (29/07/2020).

Sudah Ribuan Hewan Kurban yang Diperiksa

Menurutnya, saat ini sudah ada ribuan hewan kurban dari lapak-lapak pedagang di Kota Bekasi yang telah mendapat label halal. Hewan-hewan kurban yang mendapat label halal tersebut sangat layak untuk dikonsumsi di Hari Raya Kurban Jumat mendatang.

“Sampai saat ini masih aman dan sudah ada ribuan hewan kurban yang kami periksa dan diberikan label layak potong atau halal,” kata Sariyanti, Selasa.

Mengerahkan 211 Tenaga Kesehatan

Ia menjelaskan untuk menentukan pemberian label halal tersebut, dikerahkan 211 tenaga kesehatan di 12 kecamatan wilayah Kota Bekasi.

Dirinya menyebutkan, ada dua syarat pokok medis untuk menentukan hewan kurban tersebut baik untuk dikonsumsi atau tidak, yang pertama ante-mortem dan yang kedua post-mortem.

Untuk ante mortem sendiri pihaknya memfokuskan pemeriksaan pada mata, tanduk, maupun bulu hewan kurban, sedangkan untuk post mortem, pemeriksaan keseluruhan daging hewan, ginjal, juga bagian-bagian lain yang akan dikonsumsi.

Ia menambahkan, jika terdapat bakteri atau virus pada hewan kurban, pihaknya akan merekomendasikan hewan tersebut untuk tidak dijual maupun disembelih.

“Pemeriksaan saat ini masuknya ante-mortem, penyakit menular pada hewan alhamdulillah belum ditemukan dan harapannya memang jangan sampai ada hewan yang terserang penyakit agar aman dikonsumsi,” ujarnya.

Penjualan Masih Stabil

Sementara itu untuk penjualan hewan kurban dari tahun ke tahun cenderung stabil. Di tahun ini terdapat sekitar 1.339 pedagang hewan kurban yang berjualan di sekitar wilayah Kota Bekasi.

Namun dari jumlah pedagang tersebut pihaknya masih melakukan proses perhitungan untuk mengetahui total dari hewan kurban yang dijual di Kota Bekasi. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: