Restoran Ini Menjadikan Uang Tip Buat Dekorasi, Kini Nilainya Rp28 Miliar

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 31 Juli 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Hampir setiap restoran memiliki dekorasi yang unik untuk menarik perhatian konsumen. Penampilan yang tak biasa juga akan meninggalkan kesan mendalam bagi pengunjung sehingga mereka akan selalu mengingatnya dan akan datang kembali.

Dekorasi unik inilah yang coba dihadirkan pengelola restoran terkenal di Pensacola, Florida, Amerika Serikat.

Cukup dengan Rp1 Juta, Kukumu Bisa Jadi Kartu Nama Digital

Dikutip dari Dream.com (30/07/2021), McGuire’s Irish Pub ini memiliki uang tunai jutaan dolar AS yang sengaja dipadang dengan cara digantung di langit-langit restoran.

Ide ini bermula di tahun 1977 kala sang pendiri restoran, McGuire dan istrinya, Molly, memulai bisnis rumah makan. Kala itu, McGuire mengelola bar, sedangkan sang istri melayani pembeli.

Berawal dari Uang Tip

Saat mendapatkan tip pertama senilai US$1, Molly merayakannya dengan menulis tanggal perolehan tip di uang kertas, lalu uang itu digantung di langit-langit bar. Harapannya, uang ini bisa menjadi pelaris restoran. Sejak saat itu, kebiasaan serupa terus berlanjut.

Ini adalah bangunan seluas 15 ribu meter persegi dan ada uang dolar di langit-langit dan dan di dinding,” kata sang pemilik restoran, William McGuire Martin, kepada Chicago Tribune pada 1999.

William terus menghitung uang itu setiap tahun dan membayar pajak atas tip yang diterimanya. “ Kami memperlakukannya sebagai aset,” kata dia.

Total Koleksi Uang Saat Ini

William memperkirakan dekorasi uang itu terdiri atas uang kertas dan nilainya mencapai US$175 ribu (Rp2,49 miliar). Itu dulu. Kemudian, menurut penghitungan yang terbaru, uang kertas itu senilai US$2 juta (Rp28,55 miliar).

Melihat uang sebanyak itu digantung di langit-langit tentu membuat orang tergoda untuk mencurinya. Benar saja, ada beberapa kali percobaan pencurian di sana.

Kisah Perusahan Kabel Punya Nama Mirip Covid-19, Awalnya Nolak Kini Terkenal

Misalnya, seorang karyawan mencoba mencuri uang tunai senilai US$5 ribu (Rp71,37 juta) dan banyak juga menggunakan uang tip dari resto untuk bertransaksi.

Pencuri Dijamin Gigit Jari

Sekadar informasi, membelanjakan uang tunai yang sudah dicorat-coret ini memang susah di kota, terlebih restoran ini sudah terkenal tradisinya.

Kalau ada yang kedapatan menggunakan uang itu untuk membayar transaksi, sang pembeli siap-siap “ disemprit”.

“ Teller langsung menyadari bahwa uang itu mungkin dari McGuire dan memberi tahu manajer selama waktu itu. Tersangka menjadi sedikit khawatir dan meninggalkan gedung,” ujar polisi kepada Wear TV tentang upaya penukaran uang curian di sebuah bank.

Ternyata, restoran McGuire kedua di Destin, Florida, juga melakukan hal yang sama. Pada 2017, restoran tersebut memiliki uang tunai senilai US$1,7 juta (Rp24,26 miliar) yang digantung di langit-langit restoran. (Uli)