Resmi Menjadi Republik, Barbados Nobatkan Rihanna Sebagai Pahlawan Nasional

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 2 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Penyanyi sekaligus penulis lagu, Rihanna dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional Barbados.

Diketahui Barbados telah resmi menjadi negara republik dan mencopot Ratu Elizabeth II dari Inggris sebagai kepala negara pada Selasa (30/11/2021).

Perdana Menteri Barbados, Mia Mottley mengumumkan bahwa Rihanna dinobatkan sebagai pahlawan nasional negara itu.

“Atas nama bangsa yang bersyukur, bahkan orang-orang lebih bangga, oleh karena itu kami mempersembahkan kepada Anda (Rihanna) Pahlawan Nasional Barbados yang dipilih, Duta Besar Robyn Rihanna Fenty.”

“Semoga Anda terus bersinar seperti berlian dan membawa kehormatan bagi bangsa Anda dengan karya-karya Anda, dengan tindakan Anda dan dengan pujian ke mana pun Anda pergi,” kata Mottley, dikutip dari VOI.

Menurut pernyataan dari Kantor Informasi Pemerintah Barbados, posisi tersebut memberi Rihanna tanggung jawab khusus untuk mempromosikan pendidikan, pariwisata, dan investasi untuk pulau itu.

Sebelumnya, Rihanna juga menjadi salah satu duta budaya negara kepulauan Karibia pada tahun 2008, melakukan pekerjaan promosi untuk kementerian pariwisata.

Barbados secara resmi telah memutuskan hubungan dengan monarki Inggris dengan menjadi republik, setelah hampir 400 tahun kapal-kapal Inggris pertama tiba di pulau paling timur Karibia.

Sementara itu, Barbados secara resmi menunjuk Sandra Mason, mantan Gubernur Jenderal yang ditunjuk oleh Ratu Inggris, sebagai presiden pertama setelah menjadi republik.

Sebuah salvo dari 21 tembakan terdengar saat lagu kebangsaan dimainkan.

Bendera kerajaan berwarna merah, kuning, dan biru laut diturunkan, tepat 55 tahun setelah negara itu merdeka dari Inggris.

“Hari ini, debat dan wacana telah menjadi tindakan. Hari ini, kami mengarahkan kompas kami ke arah yang baru,” Presiden Mason menjelaskan kepada hadirin yang berkumpul di ibu kota, Bridgetown, dilansir dari Tribunnews.com (01/12/2021).

Presiden Mason menerima mayoritas di parlemen pada bulan Oktober untuk mengambil peran tersebut.

Dalam pidato berikutnya, Perdana Menteri Mia Mottley mengatakan: “Kami percaya bahwa waktunya telah tiba bagi kami untuk mengklaim takdir penuh kami. Ini adalah wanita dari negeri yang kepadanya kehormatan ini dianugerahkan.”

Dengan perubahan status ini, Barbados bergabung dengan Guyana, yang memperoleh kemerdekaan pada tahun 1966 dan menjadi republik pada tahun 1970; Trinidad dan Tobago, yang merdeka pada tahun 1962 dan menjadi republik pada tahun 1976; dan Dominika yang memperoleh kemerdekaan penuh sebagai republik pada tahun 1978.

Australia, Kanada, Jamaika, Selandia Baru, dan Papua Nugini termasuk di antara negara-negara yang masih menyebut ratu sebagai kepala negara.

Barbados akan tetap menjadi bagian dari Persemakmuran, sebuah asosiasi sukarela dari 54 negara yang berakar di Inggris.

Di antara penonton yang menyaksikan perpisahan di Bridgetown adalah perwakilan dari Inggris ada Pangeran Charles yakni putra dan pewaris tertua Elizabeth.

Dia menerima penghargaan ‘Orde of Freedom of Barbados’.

Profil Rihanna

Penyanyi R&B dengan nama lengkap Robyn Rihanna Fenty lahir pada 20 Februari 1988, di Paroki St. Michael di pulau Karibia, Barbados.

Rihanna dibesarkan di Barbados dengan ayah asli Barbados dan ibu dari Guyana.

Di usia muda, dia sudah gemar mendengarkan musik Karibia, seperti reggae serta hip-hop Amerika dan R&B.

Dia sangat menikmati menyanyi dan memenangkan pertunjukan bakat sekolah menengah dengan membawakan lagu Mariah Carey.

Rihanna mulai membentuk sebuah girl grup dengan dua orang temannya.

Pada tahun 2004 dia berhasil menarik perhatian Evan Rogers, seorang produser rekaman Amerika.

Rogers membantu Rihanna merekam demo yang mengarah ke audisi dengan rapperJay-Z, yang pada saat itu memimpin label rekaman Def Jam.

Kemudian Rihanna menandatangani kontrak untuk vokalis pemula.

Untuk karir profesionalnya, ia mengambil nama tengahnya, Rihanna.

Dengan single Pon de Replay (2005), Rihanna langsung menarik perhatian penonton internasional.

Keberhasilan lagu tersebut meningkatkan penjualan untuk debut rekaman full-lengthnya, Music of the Sun (2005), di mana balada R&B konvensional berbagi ruang dengan dance-pop bercita rasa Karibia yang memamerkan irama Barbadosnya yang merdu.

Rihanna kemudian melanjutkan kariernya dengan album A Girl like Me (2006), menampilkan lagu SOS berorientasi klub dengan tempo tinggi.

Lagu tersebut, yang dibuat berdasarkan sampel hit gelombang baru Soft Cell tahun 1981 Tainted Love, menjadi lagu pertama Rihanna ke puncak tangga lagu singel Billboard .

Untuk album Good Girl Gone Bad (2007), Rihanna berusaha mengubah citra mudanya.

Pada awal 2011 single album yang provokatif secara seksual “S&M” menjadi hit Billboard nomor satu ke-10, yang membuatnya, pada usia 23, artis termuda yang pernah mencapai tonggak sejarah itu.

Rihanna mempertahankan persona dan merilis album Talk That Talk (2011), yang menghasilkan hit internasional menular We Found Love, dan Unapologetic (2012). (Uli)

loading...