Resmi ke FC Utrecht, Bagus Kahfi Berhabung Tim U18 Dulu

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Minggu, 7 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pesepak bola muda Indonesia, Bagus Kahfi, resmi bergabung dengan FC Utrecht. Klub Liga Belanda itu memperkenalkan Bagus pada Jumat (5/2/2021).

Melansir dari Kompas.com (06/02/2021), pemilik nama lengkap Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri itu menandatangani kontrak hingga pertengahan 2022 dengan opsi perpanjangan untuk dua tahun.

Di FC Utrecht, Bagus Kahfi bakal ditempatkan di tim U18, bukan Jong Utrecht.

Adapun, tim U18 merupakan bagian dari akademi FC Utrecht. Skuad U18 adalah jenjang tertinggi dari 11 tim kategori umur yang dimulai dari U8.

Sementara, Jong Utrecht yang bertanding di Eerste Divisie atau divisi dua Liga Belanda berada satu level di atas tim U18.

Penempatan Bagus Kahfi di tim U18 FC Utrecht telah dikonfirmasi oleh pihak klub.

“Penyerang tersebut (Bagus Kahfi) datang dari PS Barito Putera dan masuk ke Utrecht dalam seleksi U18,” demikian pernyataan resmi klub.

Direktur Teknik FC Utrecht, Jordy Zuidam, mengungkapkan bahwa status Bagus Kahfi di skuad U18 merupakan “pemain dispensasi” mengingat ia sudah berusia 19 tahun.

Dengan berada di tim U18, Zuidam berharap Bagus bisa menyesuaikan diri terlebih dahulu.

“Bagi Bagus, langkah dari Indonesia ke Eropa termasuk besar. Oleh karena itu, dalam periode mendatang kami akan membiarkannya menyesuaikan diri dengan tim U18 kami,” tutur Zuidam.

“Di sana, dia bisa beradaptasi dan berintegrasi ke dalam program kami,” imbuh Zuidam.

FC Utrecht Academy merupakan salah satu akademi top di Belanda. Dua mantan pemain timnas Belanda, Edson Braafheid dan Michel Vorm, merupakan jebolan akademi tersebut.

Untuk pemain masa kini, salah satu lulusan akademi Utrecht yang tampil di liga top Eropa adalah Sofyan Amrabat yang saat ini bermain untuk klub Liga Italia, Fiorentina.

Jordy Zuidam pun berjanji, FC Utrecht akan melakukan yang terbaik untuk mendukung perkembangan Bagus Kahfi.

“Bagus adalah pemain yang kreatif dan secara teknis memiliki skill, dengan kemampuan dribel yang bagus,” puji Zuidam.

“Ia telah membuktikan dalam konteks klub dan dengan timnas Indonesia bahwa ia memiliki kemampuan mencetak gol,” imbuhnya.

“Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk mengembangkan Bagus bersama kami, dan melihat peluang dalam hal ini,” kata Zuidam menegaskan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: