Rekam Jejak Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut Yang Menjadi Danpaspampres

FOTO: brilio.net/indolinear.com
Minggu, 15 September 2019

Indolinear.com, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi jabatan Pewira Tinggi di lingkungan TNI, menyusul pengangkatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Brigadir Jenderal TNI (Brigjen) Maruli Simanjuntak diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Sebelumnya, Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Kasdam Kodam IV/Diponegoro. Rotasi jabatan di kalangan Perwira Tinggi TNI ini sesuai yang tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018 ditandatangani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dilansir dari Brilio.net (13/09/2019)

Jabatan Komandan Paspampres sebelumnya diduduki oleh Mayjen (Mar) Suhartono, yang kemudian dimutasi dan bakal menduduki posisi baru sebagai Komandan Korps Marinir. Sementara itu, jabatan yang ditinggalkan oleh Brigjen Maruli akan disi oleh Brigjen Teguh Muji Angkasa.

Jabatan baru sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, membuat pangkat di pundak Brigjen TNI Maruli Simanjuntak naik menjadi bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen). Diangkat sebagai Danpaspampres, karier Brigjen Maruli Simanjuntak dalam dunia militer memang cukup cemerlang.

Dirinya pernah bertugas sebagai Komandan Grup A Paspampres pada tahun 2014 hingga 2016. Setelah menjadi Wandanpaspampres, Maruli menjabat sebagai Komandan Resor Militer 074/Warastratama, Surakarta. Berkat berbagai kebijakannya di wilayah komando Solo, ia pernah dianugerahi Danrem terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional tahun 2016.

Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, Jawa Barat 27 Februari 1970. Maruli merupakan nak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan Batak yang merantau ke Jawa. Ayahnya berprofesi sebagai guru dan ibunya seorang perawat.

Dirinya merupakan perwira lulusan Akademi Militer tahun 1992. Maruli yang juga menantu dari Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ini juga berpengalaman dalam Infanteri Kopassus.

Maruli ini dulunya juga berkiprah dalam bidang olahraga. Ia juag merupakan atlet judo nasional dan beberapa kali mewakili Indonesia tampil di SEA Games dan berbagai kejuaraan tingkat Asia untuk judo.

Maruli pernah menduduki jabatan sebagai Komandan Grup 2 Kopassus di tahun 2013, dan Asops Komandan Jenderal Kopassus di tahun 2014. Brigjen Maruli juga berpengalaman menjadi Komandan Detasemen Tempur Cakra.

Maruli Simanjuntak menikah dengan Paulina Pandjaitan, putri sulung dari Menko Kemaritiman era Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jenderal TNI HOR (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, ia  mengemban jabatan sebagai Komandan Resor Militer 074/Warastratama, Surakarta sejak 5 Februari 2016 hingga 25 April 2017, sebelum akhirnya dipromosikan untuk menduduki jabatan Wakil Komandan Papampres (Wandanpaspamres). (Uli)