Realisasi SNI Aksara Nusantara Semakin Dekat Setelah Dokumen Standar Disepakati

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 25 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Rapat Konsensus (rakon) Komisi Teknis 35-02 tentang penyusunan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) aksara nusantara yang mencakup fon dan papan tombol aksara Nusantara digelar secara daring.

Rapat ini lanjutan dari rapat teknis yang diikuti oleh anggota Komisi Teknis 35-02, Tim Konseptor RSNI dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang terdiri dari para pegiat aksara nusantara, perwakilan Badan Standardisasi Nasional (BSN), perwakilan Kemenko PMK, dan perwakilan Asosiasi Industri Teknologi Informasi Indonesia (AITII).

Rakon tersebut menghasilkan keputusan bahwa dokumen RSNI disepakati secara aklamasi oleh 12 dari 13 anggota Komisi Teknis 35-02 yang hadir dalam rapat. Selanjutnya bergulir ke tahap jajak pendapat hingga penetapan SNI Aksara Nusantara.

Puncak dari ini semua adalah Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara. Rencananya acara ini akan diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, bekerja sama dengan PANDI, pada bulan depan (Desember).

Dadan Sutisna, peserta rakon yang juga konsultan PANDI, menjelaskan terdapat beberapa koreksi minor dalam rapat tersebut dan bisa diselesaikan saat itu juga.

“Setelah rapat konsensus, tahap selanjutnya adalah jajak Pendapat selama 20 hari yang akan dimulai pada 8 November nanti. Setelah itu, dilakukan penetapan SNI untuk aksara nusantara yang disahkan pada Desember mendatang,” ujar Dadan dalam keterangan resminya, dilansir dari Merdeka.com (24/11/2021).

Di lain pihak, Heru Nugroho, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Pemasaran, dan Kerjasama PANDI, mengaku senang dan mengapresiasi semua pihak terkait atas capaian ini.

Kata Heru, dengan hasil ini, kita semakin dekat dengan pengesahan SNI aksara nusantara.

“Setelah pengesahan SNI pada Desember nanti, rencananya diadakan acara Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara oleh Kominfo RI bekerja sama dengan PANDI. Pada acara ini, Menteri Komunikasi dan Informatika akan meresmikan penerapan digitalisasi aksara nusantara secara langsung, sebagai kesinambungan dari SNI aksara nusantara,” pungkas Heru. (Uli)