Rayakan Satu Tahun, Realme Optimis Menjadi 4 Besar Indonesia

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 19 Oktober 2019

Indolinear.com, Jakarta – Vendor smartphone asal Tiongkok Realme, kini telah berkiprah selama satu tahun di tanah air. Dengan bertahannya produk mereka selama ini, mereka berharap untuk mendapatkan pencapaian baru yakni jadi empat besar di Indonesia.

Sekadar informasi, berdasarkan sejumlah lembaga riset pasar di Indonesia, Realme kini menempati posisi ke-5 vendor smartphone paling top Tanah Air.

Brand Manager Realme Indonesia, Palson Yi mengatakan kepada Liputan6.com, Realme yang mengkhususkan diri sebagai penyedia smartphone untuk anak muda memang selalu merilis perangkat dengan spesifikasi terbaik di kelasnya, desain stylish, dan harga yang kompetitif.

Sejak kehadirannya di Tanah Air pada 9 Oktober 2018, kata Palson, Realme sudah merilis sebanyak 10 perangkat.

Pertama adalah Realme 2 dan Realme C1, Realme 2 Pro, Realme U1 untuk penyuka selfie, Realme 3, dan Realme 3 Pro, Realme C2 yang merupakan smartphone terlaris Realme, Realme 5 dan Realme 5 Pro, hingga Realme X.

Pada Juli 2019, Realme meng-update tag brand mereka menjadi dare to leap. Di sini, Realme kemudian menghadirkan smartphone dengan inovasi kamera selfie pop up dan fingerprint di layar sampai ke smartphone 4 kamera, yakni Realme 5 dan Realme 5 Pro.

“Salah satu capaian Realme adalah berhasil menjual 5.000 unit Realme 5 Pro dalam 3 menit di Lazada dan 12.000 unit Realme 5 sold out dalam flash sale pertama,” kata Palson, dilansir dari Merdeka.com (18/10/2019).

Palson menambahkan, selain penjualan online, performa penjualan offline Realme pun cukup bagus, terutama untuk Realme 5. Sejumlah dealer, kata Palson, bahkan meminta tambah unit penjualan karena banyaknya permintaan.

“Kami masih brand baru, baru masuk satu tahun di Indonesia, namun kami berbesar hati untuk merilis lebih banyak produk. Di Realme, yang kami lakukan adalah menjamin produk kami hadir dengan inovasi dan dua segmen yang berbeda untuk memenuhi permintaan konsumen,” ujar Palson.

Target Realme

Setelah berhasil menjadi top 5 vendor smartphone Indonesia dalam waktu setahun, Realme berambisi untuk meningkatkan shipping hingga dua kali lipat.

“Goal yang ingin kami capai selanjutnya adalah menjadi nomor 4 di market smartphone Indonesia,” kata Palson.

Strategi yang dilakukan Realme untuk bisa mencapai target ini adalah dengan memperkenalkan model smartphone terbaru, hingga menjual lebih banyak produk seperti Realme 5 dan Realme 5 Pro yang masih begitu diminati di pasaran.

Tak hanya itu, Realme juga memiliki senjata andalan, yakni Realme C2 yang jadi produk paling populer Realme untuk menjangkau konsumen Tanah Air. Realme C2 sendiri disebut-sebut menyumbang 50 persen pendapatan Realme di Indonesia.

Tambah Layanan Purnajual Independen

Realme juga tidak main-main soal layanan purnajualnya. “Kami pastikan menjual perangkat secara offline agar semua konsumen bisa kebagian. Tapi kami juga fokus ke layanan purnajual,” kata Palson.

Sekadar informasi, kini Realme bekerja sama dengan Oppo memiliki 117 layanan service di seluruh Indonesia. Namun di akhir tahun nanti, Realme memastikan akan memiliki 11 layanan service mandiri.

“Selain layanan service center yang bekerja sama dengan Oppo, kami juga buka service center sendiri. Hingga akhir tahun ini, akan membuka 11 service center,” ungkap Palson. (Uli)

INDOLINEAR.TV