Raja George VI Mangkat, Ratu Elizabeth II Naik Takhta

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 17 Maret 2019

Indolinear.com London – Tanggal 6 Febuari 1952, 66 tahun yang lalu, Raja George VI dari Britania Raya dan Irlandia Utara, sekaligus ayah dari calon Ratu Elizabeth II meninggal dunia di dalam tidurnya di Sandringham. Ia mengembuskan napas terakhir pada usianya yang ke 56 tahun.

Meninggalnya sang ayahanda memastikan posisi Putri Mahkota Elizabeth sebagai pewaris takhta, menjadi penerus penguasa The Commonwealth Realms, seperti dikutip dari laman Liputan6.com (15/03/2019).

Namun sayang, Elizabeth muda tak sempat mendampingi sang ayah di saat-saat terakhirnya, karena ia harus melaksanakan tugas kerajaan di Kenya pada saat itu.

Dua hari usai sang ayah tutup usia, tepat pada 8 Desember 1952 menjadi hari bersejarah bagi Elizabeth Alexandra Mary. Dia dinobatkan sebagai pucuk utama pimpinan Kerajaan Inggris.

Sekitar 150 anggota Dewan, ratusan wali kota, dan pejabat daerah lainnya berkumpul di istana menyaksikan pernyataan Elizabeth menjadi Ratu Inggris.

“Setelah kepergiaan ayah saya, saya menyatakan diri untuk mengambil alih takhta kerajaan yang bertanggung jawab atas kedaulatan negeri kita semua,” ucap Elizabeth di hadapan para pejabat Kerajaan Inggris.

Dalam kesempatan tersebut, Ratu Elizabeth II berjanji akan mencurahkan segala tenaga dan pikirannya untuk bekerja demi rakyat sebagaimana yang dilakukan ayahnya, Raja George.

“Saya berjanji akan bekerja keras demi kebahagiaan dan kesejahteraan rakyat. Sampaikan kabar ini ke seluruh penjuru dunia,” ujar wanita cantik tersebut.

Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, juga hadir dalam momen bersejarah yang berlangsung di Istana St James.

Setelah proklamasi sebagai Ratu, Elizabeth langsung memulai hari pertama kerjanya dengan menggelar pertemuan bersama dewan penasihat raja, perdana menteri, dan pejabat tinggi lain, termasuk Wali Kota London.

Meski sudah memproklamirkan diri sebagai Ratu Inggris pada 1952, baru pada 2 Juni 1953, perempuan yang memiliki julukan masa kecil Lilibet itu resmi dinisbatkan dan dilantik sebagai Ratu Elizabeth II dari Britania Raya dan Irlandia Utara. (Uli)