Rabiya Mateo, Gadis Dari Keluarga Miskin Memjadi Miss Universe Filipina 2020

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 22 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Rabiya Mateo dinobatkan sebagai Miss Universe Philippines 2020. Ia mendapat mahkota kemenangan di malam grand final pada Minggu, 25 Oktober 2020 di Kota Baguio, Filipina.

Rabiya yang masih berusia 23 tahun merupakan dara keturunan Filipina-India. Bahkan dikabarkan dara cantik itu berasal dari keluarga yang ayahnya seorang muslim India. Rubiya mewakili Kota Iloilo dan berhasil mengalahkan 46 finalis Miss Universe Philippines 2020.

Ia merupakan pemenang Miss Universe Filipina pertama setelah ajang kecantikan itu dipegang oleh Organisasi Miss Universe Philippines. Sebelumnya ajang tersebut berdiri di bawah naungan Binibining Pilipinas.

Bukan hanya mencuri perhatian karena usianya yang masih muda. Kisah hidup Rabiya juga menjadikannya sebagai sosok inspiratif.

Dibesarkan Tanpa Ayah

Rabiya Mateo menungkapkan dirinya berasal dari keluarga miskin. Dalam sesi interview bersama Miss Universe Philippines 2020, Rabiya mengisahkan bagaimana ia dibesarkan tanpa sosok ayah.

Dilansir dari Dream.co.id (20/12/2020), ayah Rabiya merupakan seorang Muslim keturunan India-Amerika. Ayahnya menikah dengan wanita asal Filipina.

Namun pada 2001 silam, ayahnya meninggalkan Rabiya dan adik laki-laki yang bernama Mokmok. Mereka hanya dibesarkan oleh sang ibu.

Bangkit dari Kemiskinan

Tumbuh dari keluarga miskin, Rabya berjuang untuk tetap menyelesaikan pendeidikannya. Ia berhasil meraih gelar cum laude di bidang Physical Therapy Iloilo Doctor’s College pada 2018.

Ia bekerja sebagai dosen dan berpindah-pindah di berbagai provinsi. Rabiya juga merupakan seorang advokat di bidang pendidikan. Ia kerap mengadakan kegiatan donasi untuk mendukung pendidikan anak-anak terlantar yang tinggal di area pembuangan limbah.

Tidak Menyimpan Dendam

Meski telah melalui berbagai cobaan hidup, Rabiya tak pernah menyalahkan sang ayah yang telah meninggalkan keluarganya.

” Aku menjadi seseorang yang independen karena masa laluku, namun aku tidak pernah menyalahkanmu (ayah). Aku akan terus menjadi tulang punggung keluarga dan wanita hebat sampai tiba saatnya kita bertemu lagi kamu akan berkata betapa membanggakannya diriku,” tulis Rabiya di Instagram.

Berparas Cantik

Memiliki darah keturunan India, Amerika dan Filipina, tak heran jika Rabiya memiliki paras jelita. Nama Rabiya diambil dari bahasa Arab yang berarti ‘Ratu’.

Sukses di ajang Miss Universe Philippines membuat Rabiya semakin kebanjiran tawaran pekerjaan. Kariernya di bidang modelling terus bersinar. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: