Puskeswan Tangsel Raih Juara Tiga Terbaik Nasional

FOTO: Eksklusif Diskominfo Tangsel for indolinear.com
Selasa, 2 November 2021
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih juara tiga terbaik nasional dalam penghargaan Puskeswan Tebaik yang diikuti sebanyak 1691 Puskeswas se-Indonesia.

Pemberian penghargaan diberikan oleh Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nuryani Zainuddin dan diterima langsung oleh Kepala Puskeswan Tangsel Pipit Surya Yuniar, di Hotel Alila Solo, Selasa (26/10/2021).

Kepala Puskeswan Tangsel, Pipit Surya Yuniar, mengungkapkan, lomba ini baru pertama diikuti oleh Puskeswan Tangsel dan Alhamdulillah baru pertama ikut Tangsel bisa meraih juara tiga terbaik se-Indonesia.

“Tangsel dan Kabupaten Tangerang mewakili Banten dilomba Puskeswan tingkat Nasional, dan Alhamdulillah dari 1.691 Puskeswan se-Indonesia yang mengikuti lomba, Tangsel meraih peringkat ketiga terbaik, dan untuk juara dua diraih Puskeswan Sawah Luntoh, sedangkan juara 1 diraih DKI Jakarta yakni Puskeswan Ragunan”ungkapnya saat dihubungi.

Pipit menjelaskan, meski baru berusia 4 tahun, namun Puskeswan Tangsel bisa memberikan pelayanan terbaik. “Ini penghargaan perdana kami dan Alhamdulillah ini akan menjadi motivasi kami untuk dapat meningkatkan pelayanan terbaik untuk warga Tangsel dalam pelayanan kesehatan hewan,” jelasnya.

Alumni IPB ini mengungkapkan, tidak mudah meraih tiga terbaik, karena berbagai penilaian dilakukan oleh Direktorat Kesehatan Hewan diantaranya penilaian pelayanan, penilaian bidang administrasi, keaktifan dalam pelaporan ke Kementerian, laporan penyakit dan lainnya.

“Laporan ini dilakukan melalui system kesehatan hewan nasional, dimana kalau ada wabah disatu daerah akan ada peringatan dini dari Kementerian dan kementerian bisa langsung respon cepat,” jelasnya.

Pipit menjelaskan, dengan diraihnya penghargaan ini, pihaknya akan meningkatkan pelayanan dan administrasi. “Ini menjadi semangat kami agar tidak kendor dan malas dalam bekerja, karena pelaporan itu sifatnya realtime per hari, maka motivasi harus dijaga dan ditingkatkan , semoga kami bisa mempertahankan kinerja ini dan bisa selalu kompak untuk mewujudkan Tangsel ramah akan hewan,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauchid, mengucapkan selamat kepada Puskeswan Tangsel yang dinobatkan sebagai juara ketiga terbaik nasional dalam lomba Puskeswan se-Indonesia.

“Puskeswan menjadi ujung tombak kesehatan hewan di daerah, semoga Puskeswan lainnya yang ada di Provinsi Banten bisa menyusul Tangsel dalam lomba ini, mari samakan langkah dan tujuan, agar peternakan dan kesehatan hewan maju dan modern menuju Banten bebas dari penyakit hewan menular,” singkatnya. (Adv)