Puskesmas Cinere Bakal Bekali Kemampuan Kader PKK di Posyandu

FOTO: depok.go.id/indolinear.com
Minggu, 14 April 2019
Depok | Uploader puspita

Indolinear.com, Depok – Kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya stunting (tubuh pendek) pada anak. Untuk itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cinere bakal membekali para kader PKK dengan kemampuan menimbang balita yang tepat.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Cinere, Muhimatul Munawaroh, penimbangan serentak balita akan dilakukan pada Agustus mendatang. Di bulan Juli ini nantinya kader PKK yang bertugas di Posyandu akan dikumpulkan untuk diberi pengarahan penimbangan yang benar, serta dilakukan kalibrasi alat timbang agar mendapatkan berat badan balita dengan tepat.

“Kami juga akan meminta setiap kelurahan untuk melengkapi alat antometri yang sesuai, agar hasil yang didapat lebih valid lagi,” terang Muhi dilansir dari depok.go.id.

Selanjutnya, sambung Muhi, para kader diharapkan untuk tidak mengubah pengoperasian alat timbangan yang sudah dikalibrasi. Selain itu, ibu yang memiliki balita nantinya akan diberikan penyuluhan seputar pembuatan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

“Stunting umumnya disebabkan pola makan yang kurang tepat, maka kita akan memberikan pengetahuan tambahan kepada para ibu,” tandasnya.(pit)