Punya Stiker LGBT, Menkominfo Berencana Blokir Aplikasi LINE

Senin, 15 Februari 2016

Indolinear.com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara angkat bicara soal adanya sticker Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) di media sosial. Dia mengaku sudah mendorong pembahasan itu dalam panel.

“Saya sudah minta dibahas di panel. Kalau panel sudah membahas dan memutuskan diblok ya diblok,” jelas Rudiantara, di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Hingga saat ini belum ada keputusan dari panel, apakah penerbitan sticker itu melanggar undang-undang atau tidak. Oleh karenanya Rudiantara menegaskan tetap menunggu keputusan tim tersebut.

“Saya sebagai kominfo tetap minta pendapat panel. Bahwa itu melanggar UU atau tidak nanti panel yang akan menetapkan,” tambahnya.

Sejauh ini, lanjut dia Menkominfo belum berkomunikasi dengan pihak Line yang telah menerbitkan sticker LGBT. Namun, kemungkinan panel yang akan langsung menyampaikan.

“Saya belum, tapi mungkin panel yang langsung minta. Kita akan punya komunikasi dengan semua. Mereka harus menghormati apapun budaya, apapun regulasi setempat,” ujar dia.

Terhadap Line, Menkominfo menuturkan ada dua alternatif sanksi yang akan ditempuh, yaitu sanksi yang sifatnya aturan dan pemufakatan.

“Kalau aturan ya mereka harus mengikuti apapun aturannya. Kalau konvensi kita bisa sampaikan kepada mereka bahwa ini tidak sesuai dengan budaya kita kalau memang diputuskan oleh panel demikian ya nggak apa-apa, kita sampaikan saja,” papar dia. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com

loading...