Puan Menekankan Pentingnya Persepektif Parlemen Menjawab Tantangan Global

FOTO: medcom.id/indolinear.com
Sabtu, 28 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Ketua DPR Puan Maharani mengatakan prespektif parlemen sangat diperlukan dalam menjawab berbagai tantangan global. Hal itu disampaikan saat bertemu dengan Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Abdulla Shahid, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDC), Bali.

“Parlemen merupakan representasi rakyat yang secara langsung terdampak oleh berbagai isu global. Dalam hal ini, perlu keterlibatan parlemen dan Inter-Parliamentary Union (IPU) yang lebih besar dalam pembahasan berbagai isu global di PBB dan specialized agencies-nya,” ujar Puan dalam keterangan tertulis, dilansir dari Medcom.id (27/05/2022).

Puan menjelaskan parlemen memiliki peran penting untuk memberi dukungan politik bagi kebijakan luar negeri dan berbagai kesepakatan internasional. Dukungan politik di dalam negeri itu, kata dia, akan memperkuat legitimasi bagi komitmen internasional.

“Parlemen juga berperan dalam implementasi kesepakatan internasional di dalam negeri melalui ratifikasi dan dukungan konstituen pada berbagai kesepakatan internasional,” terang dia.

Dia menilai suara parlemen harus lebih banyak didengarkan di forum internasional. Sinergi lebih besar antara PBB dan parlemen akan meningkatkan dukungan politik, membantu implementasi, dan mendiseminasi berbagai program.

Selain itu, PBB akan mendapat masukan bagi perbaikan program ke depannya. Dia juga berharap Sidang Majelis Umum PBB di bawah kepemimpinan Abdulla Shahid dapat menjawab berbagai tantangan dunia.

“Saya berpandangan bahwa krisis global saat ini memerlukan respons global. Kita harus meningkatkan komitmen akan kerjasama internasional, multilateralisme untuk membangun respons global,” tutur dia.(Uli)

loading...