Proyek Budaya Global Untuk Tandai 400 Tahun Wafatnya Shakespeare

Sabtu, 31 Oktober 2015
loading...

Indolinear – Peringatan ke-400 meninggalnya penulis Inggris, William Shakespeare, tahun depan akan ditandai dengan proyek budaya dan pendidikan besar global di 140 negara.

Menteri Kebudayaan Inggris John Whittingdale mengatakan dramawan itu merupakan “salah satu produk ekspor budaya terbaik Inggris”.

Prakarsa ini akan menyertakan kerja sama dengan para pemuda yang tidak memiliki akses ke sekolah di negara-negara berkembang.

Ketua Eksekutif British Council, Ciaran Devane, mengatakan proyek ini akan mencerminkan “dampak global” Shakespeare.

Saat berbicara di Parlemen untuk meluncurkan proyek Shakespeare Lives, Whittingdale menekankan kepentingan budaya dan pengaruh Shakespeare di dunia internasional.

Dari Teater Globe ke dunia global

“Shakespeare merupakan pendorong besar untuk pariwisata dan juga pemain penting dalam pasar ekspor kita. Dan industri kreatif yang berada di bawah bayang-bayangnya merupakan bagian besar dari ekonomi kita,” kata Whittingdale.

Para mitra dalam proyek peringatan ke-400 ini termasuk National Theatre, Royal Shakespeare Company, Shakespeare’s Globe dan BBC.

Sebagai bagian dari proyek ini akan ada pertunjukan, publikasi, film, penyiaran, acara online dan festival.

Sekolah-sekolah di Inggris dan di seluruh dunia akan diberi sumber daya dan video yang menjelajahi tema seperti “kewarganegaraan global”. (uli)

 

Sumber: Bbc.com