Profil James Naismith, Pencipta Dan Memperkenalkan Bola Basket

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 9 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bola basket menjadi salah satu olahraga paling diminati di dunia setelah sepak bola. Jauh sebelum permainan ini dikenal banyak orang, siapa pencipta bola basket?

Pencipta bola basket adalah James Naismith. Dia memperkenalkan sekaligus menemukan permainan bola basket pada Desember 1891.

James Naismith adalah seorang direktur pendidikan jasmani Kanada-Amerika sekaligus guru dari i Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat.

James Naismith lahir pada 6 November 1861 di Ontario, Kanada, dan meninggal pada 28 November 1939 di Lawrence, Kansas Amerika Serikat, dilansir dari Kompas.com (07/04/2021).

Tidak heran jika bulan November adalah bulan yang tepat untuk memperingati hari kelahiran dan kematian sang penemu permainan bola basket ini.

Seperti yang ditayangkan oleh Kompas Global, masa muda Naismith belajar teologi namun unggul dalam berbagai bidang olahraga.

Ketika berada di International Young Men’s Christian Association (YMCA) Training School, Naismith memperkenalkan sebuah permainan olahraga indoor yang menjadi populer di dunia modern.

Apa yang menyebabkan Naismith bisa menciptakan permainan bola basket?

Pada musim gugur tahun 1891, Naismith ditunjuk sebagai instruktur oleh Luther Halsey Gulick Jr, kepala Departemen Pendidikan Jasmani di Springfield.

Gulick meminta Naismith dan beberapa instruktur lain untuk merancang permainan dalam ruangan yang bisa menggantikan olahraga di luar ruangan pada musim dingin.

Dari tugas itulah, Naismith merancang permainan bola basket dengan menggabungkan konsep sepak bola, sepak bola Amerika, permainan hoki, dan olahraga luar lainnya namun secara teoretik dia menghilangkan kontak fisik antar pemain.

Mulanya, konsep permainan basket ala Naismith dimainkan 9 orang di setiap tim karena pelajar di kelas jasmani saat itu terdiri dari 18 orang, namun akhirnya berkurang menjadi 5 pemain.

Uniknya permainan pertama bola basket menggunakan keranjang buah persik yang beratnya sekitar 1,5 kilogram sehingga diperlukan tangga untuk mengambil bola jika terjadi gol.

Aturan asli dari Naismith melarang pemain berjalan atau berlari dengan bola dan membatasi kontak fisik masih menjadi fundamen bagi permainan yang telah populer di seluruh dunia itu.

Naismith pun menerima gelar M.D dari Gross Medical College, Denver, Colorado dan Universitas Colorado School of Medicine pada tahun 1898. Sejak tahun itu sampai 1937 dia menjadi ketua departemen pendidikan jasmani di Universitas Kansas di Lawrence, di mana dia juga berprofesi sebagai pelatih bola basket sampai tahun 1908. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: