Produksi Perikanan Tangsel Jadi Fokus Kerja Airin

Eksklusif Diskominfo for indolinear.com
Minggu, 11 Maret 2018

Indolinear.com, Tangsel – Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, memastikan pihaknya terus fokus meningkatkan produksi perikanan di Tangsel. Tidak semata mengikuti gencarnya program pemerintah pusat memaksimalkan sektor perikanan, aksi Pemkot Tangsel ini untuk juga memastikan pemenuhan kebutuhan konsumsi ikan warga Tangsel.

Airin memastikan akan melakukan evaluasi dan melihat progress dari hasil produksi perikanan yang ada di Tangsel. Hal ini diungkapkan oleh Walikota saat menghadiri kegiatan promosi hasil produksi perikanan unggulan daerah sub kegiatan fasilitasi penguatan kelembagaan forikan di Balai Penyuluhan Pertanian, Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, Selasa (6/3/2018).

“Saya ingin melihat banyak kelompok perikanan yang dikelola baik dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) maupun kelompok masyarakat yang dibantu bibitnya oleh DKP3. Pangsa pasarnya seperti apa, produksinya seperti apa,”ungkapnya.

Karena menurut Airin, banyak bantuan yang diberikan oleh DKP3, sehingga perlu dilakukan evaluasi.

“Tolong nantinya mereka dibuatkan time table, sehingga kita bisa melihat potensi mereka, jika potensi dan produksinya bagus kita akan terus mendorong dan mendukung usaha mereka,”katanya.

Walikota pun mengajak DKP3 untuk turun langsung kelapangan melihat hasil dari usaha kelompok ikan ini.

“Kalau ada kegiatan lagi, lakukan di lokasi kelompok perikanan, sehingga kita bisa tahu kendala dan yang sudah mereka lakukan,”jelasnya.

Dia pun mengungkapkan, dengan melihat potensi perikanan yang ada di Tangsel, dirinya juga ingin mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Karena ikan sangat baik dan banyak proteinnya.

“Program nawacita mendorong masyarakat gemar makan ikan, dimulai dari pasokannya, kita miliki tempat budidaya ikan yang minimalis, lahan tidak jadi masalah untuk ternak, tugas kita melakukan pemasaran, mendorong masyarakat, mengkonsumsi ikan jauh lebih sehat daripada lainnya,”tegasnya.

Baca Juga :  BATAN Kelola Limbah Radioaktif Untuk Lindungi Lingkungan

Dirinya ingin setiap ada kegiatan makan ikan, disaat itu ditampilkan testimony terkait manfaatnya atau yang mereka rasakan ketika mereka makan ikan.

Kepala DKP3 Tangsel Nur Selamat, menjelaskan, kegiatan ini merupakan penyusunan rencana kerja Forikan.

“Tujuan forikan antara lain mengkampanyekan kepada masyarakat untuk membudayakan makan ikan. Karena hewani yang menyehatkandan mencerdaskan adalah ikan,”ungkapnya.

Mengkampanyekan makan ikan tidak hanya dapat dilakukan oleh satu stakeholder saja yakni dinas yang membidangi perikanan, namun harus terintegrasi dengan instansi dan stakeholder lain. Mengingkat pentingnya manfaat mengkonsumsi ikan terutama bagi 1000 hari pertama kehidupan manusia.(rls/red)

%d blogger menyukai ini: