Probe Milik UEA Telah Berhasil Masuk Orbit Mars

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 21 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Misi pertama Uni Emirat Arab untuk menjelalah Mars dilaporkan berhasil. Hal itu dipastikan setelah probe milik negara tersebut, Al Amal atau Hope dalam bahasa Inggris, berhasil memasuki orbit Mars.

Mengutip dari Merdeka.com (20/02/2021), keberhasilan Uni Emirat Arab ini membuatnya menjadi negara kelima yang berhasil melakukan pendaratan di Mars dan negara Arab pertama yang melakukannya.

Untuk bisa tiba di Mars, Al Amal diketahui telah menempuh perjalanan selama 200 hari dari Bumi. Nantinya, probe ini akan digunakan untuk mempelajari sejumlah hal tentang Mars, seperti atmosfer, cuaca, hingga musim.

Probe ini juga akan dipakai para peneliti untuk mempelajari mengenai cara energi dan partikel, seperti oksigen dan hidrogen bisa muncul di atmosfer Mars, bahkan keluar dari planet tersebut.

Tidak hanya itu, Al Amal juga akan mengambil gambar permukaan planet merah tersebut dalam resolusi tinggi.

“Dengan pencapaian luar biasa ini, kami bersiap untuk transisi ke orbit dan memulai pengumpulan data,” tutur Project Director misi Al Amal, Omran Sharaf.

Negara-negara Lain

Untuk diketahui, sebelum Uni Emirat Arab, negara lain yang berhasil menjalankan misi di Mars adalah Amerika Serikat, Uni Soviet, Agensi Ruang Angkasa Eropa, dan India.

Probe Al-Amal sendiri diluncurkan pada 19 Juli 2020 dari Tanegashima Space Center di Jepang. Namun misi perjalanan ke Mars sudah dipersiapkan Uni Emirat Arab sejak tujuh tahun lalu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: