Pria Jember Ciptakan Mobil Listrik Dengan Biaya Cuma Rp15 Juta

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Minggu, 30 Agustus 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jember – Seorang pria berhasil menciptakan mobil listriknya sendiri dengan biaya yang sangat murah. Hasil karya ini merupakan buah dari ketekunan dan kerja kerasnya.

Dengan biaya belasan juta rupiah, mobil ciptaannya mungkin tak semenarik karya dari perusahaan otomotif raksasa Tesla. Namun dari ketekukan dan ide kreatifnya, pria ini sukses menghadirkan mobil listrik murah.

Dikutip dari Dream.co.id (29/08/2020), pria pencipta mobil listrik murah itu bernama Sasmito. Berbekal peralatan sederhana dan pemikiran yang luar biasa, dia merakit mobil listrik yang efisien dan ramah lingkungan.

Dari akun Youtube Ekspektasi TV, Sasmito mengaku belajar dari platform YouTube untuk membuat mobil listrik. Pria asal Jember, Jawa Timur ini membuat mobil listrik dengan keterampilannya memperbaiki perkakas elektronik.

Biaya pembuatan mobil listrik buatannya ditaksir mencapai Rp15 juta. Ini sebanding dengan kelebihan mobil listrik. Misalnya penggantian baterai cukup tiga tahun sekali dan menekan anggaran bahan bakar. Tentu saja kendaraan ini ramah lingkungan.

Kendaraan ciptaannya pernah digunakan sebagai mobil untuk pulang pergi dari rumah ke wilayah kota di Jember.

Telan Biaya Rp15 Juta

Mobil listrik yang diciptakan tersebut ditaksir menghabiskan dana hingga Rp15 juta. Namun, hal ini sebanding dengan kelebihan yang dihasilkan dari mobil unik ini. Beberapa kelebihannya antara lain penggantian baterai yang cukup dilakukan dalam waktu tiga tahun sekali, ramah lingkungan, serta menekan anggaran bahan bakar.

Mobil listrik yang diciptakan Sasmito ini juga diklaim lebih hemat daripada mobil konvensional seperti pada umumnya. Mobil yang membutuhkan daya listrik ini tidak akan boros bahan bakar layaknya BBM.

Dengan begitu, mobil listrik ini dapat menekan anggaran bahan bakar kendaraan hingga tiga kali lipat per tahun lebih murah. Kalau mobil konvensional kurang lebih membutuhkan biaya hingga Rp10 ribu per hari, dalam satu tahun akan membutuhkan anggaran sekitar Rp3,5 juta.

Anggaran tersebut diklaim Sasmito setara dengan pembelian baterai yang dapat digunakan hingga 3 tahun lamanya.

Spesifikasi Mobil Listrik Ciptaan Sasmito

Mobil listrik yang diciptakan tersebut berukuran 2×1 meter yang dibuat menggunakan plat serta roda sepeda motor sebagai rodanya. Mobil listrik ini diungkapkannya memiliki tenaga yang cukup besar apabila diberi daya dari baterai lithium 40 ampere.

Daya dari baterai tersebut diklaim dapat digunakan untuk melaju hingga 40 km per jam. Tentu saja, pemakaiannya cukup dengan mengisi ulang daya baterai secara periodik. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: