Pria Ini Merasa Gatal Di Mata, Saat Diperiksa Ternyata Hidup Belatung

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 24 Juni 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Peristiwa mengerikan dialami oleh pria 53 tahun asal Prancis. Mata pria yang tidak disebutkan identitasnya tersebut menjadi tempat hidup bagi belatung kecil.

Kisah itu bermula saat pria itu bekerja di dekat peternakan domba. Tiba-tiba dia merasakan sesuatu terbang ke matanya. Setelah itu, dia datang ke dokter dengan mengeluhkan rasa gatal pada mata kanannya.

Mata kanan pria itu juga berwarna merah. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter mendapat temuan yang mengejutkan. Dokter melihat larva lalat bot domba merayap di permukaan mata pria tersebut, dilansir dari Dream.co.id (22/06/2022).

Biasanya, larva lalat bot hidup di lubang hidung domba dan kambing. Mereka kemudian jatuh ke tanah saat sudah matang dan menjadi kepompong, sebelum akhirnya berubah menjadi parasit.

Terkadang, lalat bot terbang ke mata manusia, hingga menyebabkan penyakit yang disebut ophthalmomyiasis. Alat seperti belalai yang tebal pada larva lalat bot dapat menyebabkan iritasi dan lecet pada membran luar mata.

Sehingga, mata menjadi kemerahan, gatal, bengkak, berair, dan seolah ada yang mengganjal. Larva ini dapat menggali jalan menuju ke dalam bola mata sehingga bisa merusak penglihatan.

Beruntung bagi pria itu karena hanya menderita ophthalmomyiasis eksternal. Itu artinya, larva tidak masuk ke dalam bola matanya.

Dokter pun berhasil mengambil selusin belatung kecil dari permukaan mata pria itu. Karena masih merasa khawatir, dokter meresepkan perawatan antibiotik topikal untuk berjaga-jaga bila masih ada larva yang belum terangkat.

Menurut dokter, pria itu memiliki penglihatan 20/20 di kedua matanya. Namun mata kanannya merah dan iritasi. Sepuluh hari setelah perawatan itu, penglihatan pria tersebut kembali normal. (Uli)