Pria Ini Menyamar Jadi Dokter dan Hancurkan Kehidupan 27 Wanita Kaya

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Senin, 2 Mei 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Seorang pria India bernama Bibhu Prakash Swain ditangkap polisi Odisha setelah aksinya melakukan ‘penipuan terbesar’ dalam sejarah.

Meski usia dibilang tidak muda lagi, Swain berhasil memikat puluhan wanita kaya untuk menjadi istrinya dalam rentang waktu tiga tahun setengah.

Pada pemeriksaan awal setelah ditangkap, Swain mengaku telah menikahi 14 wanita berpenghasilan tinggi – beberapa minggu sebelum dua pernikahan berikutnya, dilansir dari Dream.com (01/05/2022).

Mengaku Sebagai Profesor atau Dokter

Dia juga mengatakan telah menikahi setidaknya 27 wanita di 10 negara bagian di seluruh India. Semua wanita yang jadi korbannya rata-rata berpendidikan dan memiliki penghasilan tinggi.

Swain sangat manis dan pintar dalam berkata-kata. Untuk memperdaya korbannya, Swain mengaku sebagai seorang dokter berusia 51 tahun. Meski usia sebenarnya adalah 68 tahun.

Taktik yang digunakan pria ini akhirnya terbongkar setelah ia ditangkap beberapa minggu sebelum terjadi dua pernikahan palsu lainnya.

Korban Kebanyakan Janda dan Ibu Muda Bermasalah

Kasus penipuan ini ramai setelah seorang istrinya yang berusia 48 tahun melaporkan Swain ke polisi pada Mei 2021 lalu.

Istrinya merasa dikhianati setelah mendapati suaminya itu ternyata sudah menikah dengan tujuh wanita lainnya.

Polisi mengatakan dia melakukan penipuan terhadap para wanita yang lingkungan usianya 40 tahunan demi harta dan kesenangan seksual.

” Dia pandai meyakinkan korban dan hanya menargetkan wanita lajang, janda atau mereka yang bermasalah dengan perkawinan di lingkungan usia 40-an,” kata Sanjiv Satpathy, kepala polisi Odisha.

Curi Uang dari Bank Hingga Hampir Rp2 Miliar

Polisi melacak Swain selama beberapa bulan sebelum melakukan penangkapan. Pemeriksaan lanjutan mengungkapkan Swain juga menipu 13 bank.

Dia mencuri uang sebesar 10 juta rupee (sekitar Rp1,9 miliar lebih) menggunakan 128 kartu kredit palsu.

Tidak hanya itu, dia juga menjanjikan para orang tua yang ingin memasukkan anaknya di fakultas  kedokteran universitas.

Hancurkan Hidup Banyak Wanita Terpelajar

Swain juga menjalankan laboratorium medis ilegal di mana dokter dan staf lainnya bekerja tanpa dibayar selama berbulan-bulan.

Untuk mencari mangsa, Swain menggunakan situs perjodohan dengan menyamar sebagai pejabat pemerintah, profesor, dokter atau profesi yang dianggap mentereng lainnya.

Dalam tiga tahun setengah terakhir, Swain telah menghancurkan kehidupan banyak wanita terpelajar dan terhormat. Mulai dari wakil komandan polisi, akuntan, guru sekolah, dokter, advokat hingga pegawai negeri sipil.

Aslinya Cuma Teknisi Laboratorium

Swain, lahir di sebuah desa kecil di negara bagian timur Odisha, pertama kali menikah pada tahun 1978 dan memiliki tiga anak — dua di antaranya dokter dan satu dokter gigi — dengan istri pertamanya.

Berawal dari sebagai teknisi laboratorium, ia berselisih dengan keluarganya dan pindah ke ibu kota negara bagian Bhubaneshwar.

Di kota inilah dia memulai petualangannya dengan memperkenalkan diri sebagai dokter dan akhirnya menikah dengan seorang dokter, istri keduanya, pada tahun 2002. (Uli)