Presiden Jokowi Disambut Oleh Presiden Ukraina Di Istana Maryinsky

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 30 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy setibanya di Istana Maryinsky, di Kyiv, pada Rabu (29/6/2022).

Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Zelenskyy sekira pukul 15.00 waktu setempat.

Menurut Sekretariat Kabinet, Jokowi dan Zelenskyy masuk ke dalam Istana setelah penyambutan.

Disusul dengan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan pertemuan tete-a-tete.

Turut mendampingi Presiden Jokowi yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi bangunan Apartemen Lipky di Kota Irpin yang hancur akibat perang.

Dalam unggahan Instagram resmi @jokowi, Presiden RI menerangkan ia ditemani oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin untuk melihat langsung dampak invasi Rusia ke Ukraina.

Foto-foto menunjukkan rumah dan infrastuktur rusak karena serangan.

“Semoga perang ini bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak,” tulis Jokowi, dilansir dari Tribunnews.com (29/06/2022).

Persiapan Pertemuan Jokowi-Zelenskyy

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba untuk membahas persiapan akhir pertemuan dua pemimpin negara.

“Tadi pagi saya telah bertemu juga dengan Menteri Luar Negeri Ukraina dan kita membahas persiapan terakhir sebelum kedua Presiden melakukan pertemuan bilateral pada siang hari ini,” kata Retno dalam keterangannya di Kyiv, dilansir dari Tribunnews.com (29/06/2022).

Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, serta rombongan tiba di ibu kota Ukraina Kyiv pada pukul 08.50 waktu setempat.

Sejam kemudian, Jokowi dan Iriana mengunjungi Kota Irpin yang berjarak sekitar 30 km dari Kyiv untuk melihat dampak perang pada infrastruktur.

“Di dalam kunjungan ke Irpin, Bapak Presiden dan Ibu Negara didampingi atau diterima oleh Wali Kota Irpin dan dijelaskan mengenai kondisi Kota Irpin di mana sekitar lebih dari 70 persen bangunan yang ada terdampak karena perang. Namun demikian, 40 persen dari penduduk Irpin dikatakan sudah kembali ke Kota Irpin,” jelasnya.

Kunjungan itu berlanjut ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina, di Kyiv.

Di sana, Iriana menyerahkan bantuan kemanusiaan dari Indonesia secara simbolis berupa obat-obatan.

Ketika ditanya kesannya selama kunjungan ke Ukraina, Iriana berharap perang segera berakhir.

“Dengan bismillah saya mendampingi Bapak, moga-moga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihat,” ucap Ibu Iriana Jokowi.

Selain bantuan kemanusiaan yang diserahkan langsung kepada rumah sakit, Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan komitmen rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang. (Uli)