Presiden Jokowi Diharapkan Keikutsertaannya Dalam KTT Pertumbuhan Nutrisi Tokyo Jepang

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 4 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Tokyo – Pemerintah Jepang akan menjadi tuan rumah KTT Perkembangan Nutrisi Tokyo (Tokyo Nutrition for Growth) atau KTT N4G 2021 pada tanggal 7 dan 8 Desember 2021.

KTT akan berlangsung dalam format hybrid yang menggabungkan partisipasi on-site dan on-line dari Jepang dan partisipasi online sepenuhnya dari luar negeri.

Termasuk diharapkan Presiden Indonesia Joko Widodo akan mengikuti KTT tersebut.

“Kami sangat berharap Presiden Indonesia ikut serta dalam KTT tersebut lewat online,” papar seorang pejabat tinggi pemerintah Jepang yang dilansir dari Tribunnews.com (03/12/2021).

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida; Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi; Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, Shigeyuki Goto; dan Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, Genjiro Kaneko dipastikan akan menghadiri KTT tersebut.

“Sementara seluruh negara di dunia, terlepas dari negara-negara berpenghasilan tinggi atau terbatas sumber daya, telah menghadapi eskalasi beban ganda kekurangan gizi, di mana kita melihat koeksistensi kekurangan gizi yang menghambat pertumbuhan, dan kelebihan gizi yang menyebabkan penyakit terkait gaya hidup, pandemi COVID-19 telah memperburuk situasi nutrisi secara global,” ujarnya.

Mempertimbangkan situasi ini, pada KTT N4G Tokyo, berbagai pemangku kepentingan yang berpartisipasi, seperti pemerintah, organisasi internasional, bisnis, masyarakat sipil, dan akademisi akan berpartisipasi dan membahas arahan komunitas internasional untuk meningkatkan gizi, dengan fokus pada lima bidang tematik, yakni Kesehatan, Makanan, Ketahanan, Akuntabilitas dan Pembiayaan

Konferensi internasional yang mempercepat upaya global untuk meningkatkan gizi.

Negara tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade memimpin KTT N4G, dan KTT Tokyo ini akan berlangsung sebagai N4G ketiga setelah konferensi di London (2013) dan Rio (2016). (Uli)