Presiden AS Richard Nixon Umumkan Perang Vietnam Akan Berakhir

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 7 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Washington D.C. – Pada 8 Desember 1969, dalam sebuah konferensi, Presiden Amerika Serikat Richard Nixon menyatakan Perang Vietnam akan mencapai “kesimpulan sebagai hasil dari rencana yang telah AS tetapkan.” Perang AS dengan Vietnam, segera berakhir.

Dikutip dari dari Liputan6.com (05/01/2021), Nixon mengumumkan pada konferensi di Midway itu bahwa Amerika Serikat akan mengikuti program baru yang disebutnya “Vietnamisasi”.

Di bawah ketentuan program ini, pasukan Vietnam Selatan akan dibangun sehingga mereka dapat memikul lebih banyak tanggung jawab atas perang. Ketika pasukan Vietnam Selatan menjadi lebih mampu, pasukan AS akan ditarik dari pertempuran dan dikembalikan ke negeri Paman Sam.

Dalam pidatonya, Nixon menunjukkan ia telah memerintahkan penarikan 60.000 tentara AS. Bersamaan dengan itu, dia telah mengeluarkan perintah untuk menyediakan peralatan dan senjata yang lebih modern kepada Vietnam Selatan dan meningkatkan upaya pemberian nasihat, semuanya sebagai bagian dari program “Vietnamisasi”.

Saat Nixon mengadakan konferensi persnya, pasukan dari Divisi Infanteri ke-25 AS (kurang dari Brigade Kedua) juga mulai meninggalkan Vietnam.

Tidak Bertahan Lama

Namun pernyataan Nixon bahwa perang akan berakhir terbukti hanya sementara. Pada April 1970, ia memperluas perang dengan memerintahkan pasukan AS dan Vietnam Selatan untuk menyerang tempat perlindungan komunis di Kamboja.

Hal itu menyebabkan demonstrasi anti-perang di seluruh Amerika Serikat. Lalu demosntrasi ini berujung pada aksi Garda Nasional yang melakukan pemenembakan pada empat pengunjuk rasa di Kent State.

Meskipun Nixon terus menurunkan kekuatan pasukan Amerika di Vietnam Selatan, pertempuran terus berlanjut. Pada tahun 1972, Vietnam Utara melancarkan invasi besar-besaran ke Vietnam Selatan.

Pasukan Vietnam Selatan sempat terdesak karena serangan itu, tetapi akhirnya menang dengan bantuan kekuatan udara AS.

Setelah negosiasi ekstensif dan melakukan pemboman ke Vietnam Utara pada bulan Desember 1972, akhirnya Perjanjian Perdamaian Paris ditandatangani pada bulan Januari 1973. Berdasarkan ketentuan perjanjian tersebut, pasukan AS ditarik sepenuhnya dari Vietnam.

Sayangnya, ini tidak mengakhiri perang untuk Vietnam dan pertempuran berlanjut sampai April 1975 ketika Saigon jatuh ke tangan komunis. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: