PPID Diminta Tingkatkan Pelayanan agar Masyarakat Jadi Pengguna Informasi

FOTO: tangerangkab.go.id
Jumat, 15 April 2022

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang  – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan informasi kebijakan pemerintah. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Operator Dinas, Badan & Kecamatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang pada Selasa (29/3/22).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Cikwi R Inton, S.IP, M.Si, Staf Ahli Hukum dan Politik pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang. Inton mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi di setiap dinas, badan dan kecamatan agar dapat memberikan informasi yang akurat bagi publik.

“Kegiatan ini menjadi motivasi agar PPID dan PPID Pembantu dapat terus meningkatkan pelayanan informasi dengan baik, sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai pengguna informasi bukan sebagai pemohon informasi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Luthfi selaku Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Provinsi Banten yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menuturkan kegiatan yang diselenggarakan dapat memberikan pemahaman lebih terkait UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik kepada para operator.

“Melalui kegiatan pembinaan bagi para operator ini nantinya dapat berguna sebagai peningkatan kapasitas SDM pengelola informasi dan juga dokumentasi serta memberikan pemahaman bagi operator agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Tangerang,” katanya.

Menurutnya, dengan pemahaman tersebut pelayan publik dapat memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat ataupun badan hukum yang meminta informasi secara langsung ataupun tertulis.

“Mudah-mudahan kedepannya PPID Kabupaten Tangerang dapat terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat serta dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan maupun sidang sengketa yang dilaksanakan di Komisi Informasi,” harapnya dilansir dari tangerangkab.go.id.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 29 hingga 30 Maret 2022 ini dihadiri oleh operator dari masing-masing dinas, badan dan kecamatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang.(pit)