Porsche Pink Menjadi Tunggangan Ken Block di Kejuaraan Pikes Peak 2022

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 28 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Dalam keikutsertaannya Ken Block pada ajang kejuaraan Pikes Peak 2022, ia telah mempersiapkan mobil balap barunya yang hadir dengan desain nyentrik.

Jika biasanya image dirinya begitu melekat dengan mobil besutan Ford, pada tahun ini, Ken Block telah memilih sportscar lansiran Jerman, Porsche, untuk menjadi amunisinya dalam menaklukan kejuaraan yang melintasi jalan menanjak ini.

Adapun salah satu hal yang membuat menarik dari mobil balap Ken Block adalah penggunaan warna merah muda. Meski terlihat begitu imut di luar, namun Porsche SVRSR yang dibangun oleh BBi Autosport ini memiliki tenaga buas bahkan mengalahkan beberapa supercar lainnya.

Mengutip dari Liputan6.com (26/05/2022), jantung pacu mobil ini dipersenjatai dengan mesin Twin-Turbo berkubikasi 4.0 liter flat-six dan mampu menyemburkan tenaga sebesar 1.400 tk. Tenaga tersebut kabarnya setara dengan Ford Mustang Hoonicor Mustang yang pernah dibangun oleh Ken Block beberapa waktu lalu.

Sebagai salah satu sektor yang menopang keberhasilannya, Porsche ini juga telah dibekali dengan sistem penggerak all wheel drive serta dikawinkan dengan suspensi yang dapat disesuaikan berdasarkan data GPS serta ditopang dengan beberapa penyematan komponen yang dapat memengaruhi tingkat aerodinamikanya.

Adapun sisi lain yang membuat mobil balap ini cukup menarik adalah penggunaan namanya. Porsche pink ini diberinama Hoonipigasus yang terinspirasi dari beberapa hal dari mobil tersebut.

Hooni, merupakan identitas Ken Block untuk semua mobilnya. Pi sendiri, diambil dari plesetan nama Pig Pink yang melandasi penggunaan warna pada mobil balap tersebut.

Sementara Gasus, diartikan sebagai pegasus yang direferensikan oleh salah satu sponsor mereka yakni Mobil Lubricants yang menampilkan objek tersebut di depannya.

Setelah VW Kodok, Kini Cina Jiplak Desain MINI Cooper

Cina memang dikenal sebagai negara yang keral meniru desain perusahaan besar. Tidak hanya sektor elektronik, tetapi, untuk sektor otomotif mereka juga kerap melakukan kloning beberapa model terkenal.

Setelah CAT, salah satu produsen Cina mengkloning Volkswagen Beetle, kini produsen otomotif Cina, Beijing Estech Technology Co., Ltd,, turut melakukan kloning model MINI Cooper dengan desain dan bentuk yang sama persis.

Model yang belum dinamakan ini memang begitu identik dengan MINI Cooper. Mulai dari bagian depan, samping, dan belakang, semuanya dibuat begitu mirip bahkan sampai pemggunaan antena luar juga turut diaplikasikan.

Meski demikian, dalam laporan tersebut dijelaskan bahwa perbedaan juga terdapat pada beberapa aspek, namun salah satunya mereka mengeklaim bodinya lebih mulus dan lebih ramping dari model aslinya.

Meski rekam jejak perusahaan tersebut masih terbilang baru, namun, dari informasi tersebut didapat bahwa untuk registrasi paten yang mereka ajukan berdasarkan dua perusahaan, yakni IAT Automobile Technology (IAT) dan pembuat mobil SUV kustom, Karlmann King. (Uli)