PON XX Papua 2021, Pendaftaran PUBG Mobile Telah Dibuka

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Minggu, 29 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Esport akan menjadi cabang olahraga (cabor) ekshibisi dalam rangkaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Ekshibisi Esport pada PON Papua 2021 itu nantinya akan diramaikan oleh beberapa gim, salah satunya PUBG Mobile.

Setelah diumumkan sebagai gim baru dalam ekshibisi PON Papua 2021, pendaftaran untuk cabor Esport PUBG Mobile kini telah resmi dibuka.

Bagi para pemain dan tim PUBG Mobile yang ingin ikut serta mewakili daerahnya di PON XX Papua 2021 bisa mendaftar mulai 26 Agustus hingga 8 September mendatang.

Adapun proses dan ketentuan pendaftaran bisa dilihat langsung di platform Garudaku.com.

Setelah mendaftar, para peserta akan mengukuti serangkaian tahap, dari kualifikasi hingga terpilih mewakili daerah masing-masing.

Berdasarkan informasi yang diterima KOMPAS.com, kualifikasi hari pertama dan kedua akan berlangsung secara serentak di seluruh provinsi pada 11 dan 12 September 2021.

Tim terbaik yang lolos babak kualifikasi kemudian akan bertanding di ajang Pra-PON yang dijadwalkan pada 14-15 September.

Lalu, sebanyak 15 tim yang diambil dari Pra-PON dan 1 tim dari Papua selaku tuan rumah akan bertanding memperebutkan medali pada putaran final PON XX Papua.

“Keterlibatan PUBG Mobile dalam perhelatan PON XX 2021 tidak terlepas dari dukungan PBESI dan komunitas PUBG Mobile di Indonesia,” kata Aswin Atonie selaku Country Manager Tencent Games terkait masuknya PUBG Mobile ke dalam ekshibisi PON Papua 2021, dilansir dari Kompas.com (28/08/2021).

“Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih dan menghargai kesempatan yang diberikan untuk bersama-sama mengukir sejarah baru esport Indonesia,” ujar Aswin.

“Potensi game esport dan talenta atlet esport Indonesia sangat layak didukung, dan mengembangkannya merupakan bagian dari komitmen kami.”

“PUBG Mobile akan terus memperkuat ekosistem esport di Indonesia dan karena itu siap untuk mendukung penuh kesuksesan PON XX 2021,” tutur Aswin menegaskan.

Masuknya PUBG Mobile ke dalam ekshibisi esport PON XX Papua 2021 juga didukun oleh Sri Wahyuni selaku , Kepala Biro Perencanaan Kemenpora dan Asdep Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora.

“Indonesia adalah salah satu pasar gim terbesar di Asia Pasifik dengan perputaran uang lebih dari 13 triliun, populasi online mencapai 62 juta dengan jumlah gamers di angka 30 juta, di mana angka tersebut merupakan potensi yang luar biasa,” ujar Sri Wahyuni.

“Kemenpora dan KONI sebagai wakil pemerintah mendukung penuh perkembangan esport sebagai produk industri olahraga di Indonesia, dan juga mendukung penuh atlet dan tim esport Indonesia dalam menciptakan prestasi di tingkat internasional dan tentunya mengharumkan nama bangsa,” kata Sri Wahyuni.

Berikut beberapa persyaratan untuk mengikuti Ekshibisi Esport PUBG Mobile pada PON XX Papua 2021:

  • Terbuka untuk umum dan berkewarganegaraan Indonesia
  • Usia minimal 13 tahun
  • Memiliki bukti domisili sesuai dengan kualifikasi provinsi yang diikuti (KTP/Kartu pelajar, KK, KIA, dan sebagainya)
  • Setiap anggota di tim esport wajib mempunyai domisili provinsi yang sama
  • Setuju untuk mengikuti aturan PON Esport yang sudah disediakan (Uli)