Polres Metro Bekasi Merangkul Komunitas Balap Liar Untuk Menggelar Street Race

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 18 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – Polres Metro Bekasi akan merangkul komunitas balap motor liar di wilayahnya sebelum menggelar acara balap motor liar resmi (street race).

Kapolres Metro Bekasi Kombes Gidion Arif Setyawan mengungkap pihaknya telah mengantungi nama komunitas tempat berkumpulnya pemuda-pemuda pecinta balap liar yang berbasis di Kabupaten Bekasi.

“Sudah dipetakan sebenarnya mana kelompok-kelompok balap-balap yang ada di jalan. Komunitasnya juga ada mereka yang di Bekasi,” ungkap Gidion saat dikonfirmasi, dilansir dari Wartakota.tribinnews.com (17/01/2022).

Kapolres memiliki waktu, selambat-lambatnya, satu bulan untuk mematangkan konsep. Oleh sebab itu, pihaknya menyatakan akan mengadakan diskusi bersama Polres Metro Bekasi Kota.

Tak hanya kepolisian saja, bahkan rencana tersebut juga akan merangkul Pemkab dan Pemkot Bekasi, beserta TNI.

“Waktunya itu secepat mungkin, karena teknis kan harus membutuhkan persiapan yang komperhensif dengan stakeholder yang lain. Nanti secepat mungkin kita rencanakan dengan Bekasi Kota,” ujarnya.

Gidion menyambut baik rencana Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang berniat menggelar ajang balap liar resmi lainnya di wilayah Jabodetabek, setelah sukses dalam perhelatan perdana di Ancol, Jakarta Utara.

Menurutnya, diadakannya street race bisa menekan angka kriminalitas jalanan dan pelanggaran lalu lintas yang mayoritas dilakukan oleh pemuda.

“Acara ini untuk menampung kegiatan kegiatan masyarakat atau pemuda yang hobi-hobi balap liar, agar diarahkan dan difasilitasi, sehingga tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran hukum, agar tertib dan mereka dapat berprestasi,” tutur Gidion.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Gidion Arif Setyawan menjelaskan pihaknya tengah mempersiapkan rencana untuk menggelar balap liar resmi atau street race.

Gidion mengaku telah mendapatkan instruksi dari Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang mengingkan agar street race juga digelar di Kabupaten dan Kota Bekasi setelah sukses menyelenggarakannya di Ancol, Jakarta Utara.

“Tadi sudah diperintahkan (kapolda), kami bersama-sama dengan Polres Metro Bekasi Kota,” ucap Gidion saat dikonfirmasi.

Gidion belum mengetahui secara pasti apakah street race nantinya di Bekasi akan digelar secara terpisah atau pun berkolaborasi dengan Polres Metro Bekasi Kota.

Pihaknya juga masih mencari jalur yang aman bagi pengendara balap liar untuk bisa berkompetisi di bawah naungan kepolisian.

“Rencanannya belum fixed. Karena, maka mencari tempat yang merepresentasikan keduanya (Kabupaten dan Kota Bekasi) Secara teknis belum, tapi sudah diperintahkan,” katanya.

Senada dengan Gidion, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki juga menuturkan hal serupa. Pihaknya masih menjalin koordinasi dengan kepolisian di Kabupaten Bekasi terkait permintaan kapolda.

“Ya artinya acara dari kegiatan yang diselenggarakan Pak Kapolda nanti, kita akan tindak lanjuti antara Polres Metro Bekasi Kota dan Polres Metro Bekasi. Untuk tempatnya, kita masih cari lokasi ya,” tutur Hengki.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menginginkan agar steet race juga digelar di Bekasi dan Tangerang setelah acara perdana yang dihelat di Ancol berjalan dengan lancar.

“Perlu digarisbawahi, kegiatan ini bukan seremonial, tapi kegiatan ini akan berkelanjutan. Bulan depan rencananya di Serpong, doakan di Bekasi, Cikarang segera dimulai,” kata Fadil. (Uli)