Polres Cilegon Menggelar Rapat koordinasi dan Pengawasan PPNS

radarbantencoid/indolinear.com
Kamis, 24 Agustus 2017
loading...

Indolinear.com, Cilegon – Polisi resort Kota Cilegon menggelar rapat koordinasi dan pengawasan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dengan penyidik Polri. Hal ini dilakukan  dalam rangka penegakan hukum di wilayah Polres Cilegon, Banten. PPNS yang hadir dari Pemkot Cilegon mulai dari Dinas dan Badan.

Kapolres Cilegon AKBP Raden Romdhon Natakusuma mengatakan rapat yang berlangsung merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap bulan. Itu bertujuan agar koordinasi antara penyidik dalam penegakan hukum makin solid dan tidak terjadi egosentoral.

“Untuk kekurangan dalam bidang penyelidikan masih berkutat pada data yang tidak valid dan ada data yang tidak terlaporkan oleh penyidik PNS itu. Upayanya kita lakukan rapat, atau langsung mendatangi kepada sasaran. Jika ada kendala yang diperlukan kita one the spot langsung ke kantor yang bersangkutan,” ujarnya.

Sementata itu, Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Dadi Permana mengaku rakor yang dihadiri dari beberapa instansi tersebut untuk saling mengenalkan antara penyidik di Polres Cilegon dan PPNS di instansi terkait. Selain itu juga untuk menyampaikan tentang mekanisme pananganan perkara dari mulai laporan Polisi hingga penyelesaian perkara.

“Dalam satu instansi itukan ada yang namanya pergantian, pergeseran sehingga ada penyidik baru, makanya kegiatan ini untuk saling mengenalkan antara satu dengan yang lain,” ujarnya.

Selain kendala data yang tidak valid, kata Dadi berdasarkan pantauannya kendala lain yang kerap terjadi yakni belum adanya keberanian di kalangan PPNS untuk menyidik suatu perkara.

“Saya mengajak para PPNS ini untuk melakukan penyidikan perkara sesuai dengan ruang lingkup tugas masing masing. Kita akan memberikan bantuan baik gelar perkara maupun koordinasi, serta melakukan komunikasi secara kontinyu,” tuturnya. (Gie)